Sakariyas: Festival Seni Qasidah Sebagai Media Syiar Islam

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengatakan bahwa seni qasidah merupakan seni budaya islam, memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat islam, oleh karena itu harus selalu terus berkembang.

    Festival Seni Qasidah ke-4 Tingkat Kabupaten Katingan Resmi Di buka Bupati Katingan Sakariyas di halaman Kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran ( LPTQ) Katingan, Minggu (30/9/2017) malam.‎

    Sakariyas mengatakan kegiatan yang dilaksanan tersebut juga di katakan sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam yang menjadi kewajiban bagi umat islam untuk menyaring derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.

    ” Lembaga Seni Dan Qasidah Indonesia (LASQI) tidak hanya sebatas papan nama, tetapi tempat berkumpul para seniman qasidah untuk kemudian menghibur dan menyenangkan diri maupun masyarakat. Namun sejarahnya memiliki visi dan misi sesuai trilogi LASQI, yakni instrument pengembangan memasyarakatkan dan mempertahankan salah satu cabang seni sebagai salah satu alat dakwah, menjalin dan memperkokoh ukhuwah islamiah serta memantapkan wawasan nusantara,”ucapnya

    Bupati Sakariyas juga mengatakan Festival Seni Qasidah ini selain sebagai momentum untuk mencari duta-duta yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah nantinya. ‎

    Bupati berharap agar pelaksanaan FSQ ke 4 tingkat Kabupaten Katingan ini betul-betul dapat dilaksanakan dengan baik, dapat diikuti sungguh-sungguh oleh peserta. Sehingga menghasilkan juara-juara terbaik nantinya pada setiap cabang yang dilombakan. “Dalam mengikuti FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di kota kasongan kabupaten katingan kita juga diharapkan menjadi yang terbaik. Itu harapan Kita,” Pungkas Sakariyas.

    Ketua Umum Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke 4 Tingkat Kabupaten Katingan ‎Alimansyah, dalam laporannya mengatakan, bahwa jumlah total Keseluruhan peserta sebanyak 368 orang dari 13 kecamatan yang ada di kabupten katingan.

    “Perlu saya laporkan bahwa total jumlah keseluruhan peserta yaitu 368 orang dari 13 kecamatan di Kabupaten Katingan. Adapun cabang lomba yang akan di pertandingan diantaranya bintang vokalis anak-anak putra/putri, Kategori Remaja putra/putri dan dewasa. Kemudian lomba Qasidah Klasik, dan Seni Hadrah,” Kata Alimansyah.

    Alimansyah mengatakan, peserta terbaik di setiap kategori nantinya berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Serta ditunjukan untuk mewakili Kabupaten Katingan pada FSQ tingkat Pronvinsi Kalimantan Tengah mendatang.

    Hadir dalam Pembukaan Festival Seni Qasidah ke -4 Tingkat Kabupaten Katingan, yakni Ketua DPRD Katingan Ignatus Matir L Nusa, Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha SIK, Ketua DPD LASQI Katingan Endang Susilawatie, Kepala Kantor Kementrian Agama Katingan, Kepala Kejaksaan Negeri Kasongan, Kepala Pengadilan Negeri Kasongan, sejumlah kepala Dinas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Edy R.

    (Visited 1 times, 1 visits today)