Pengurus Karang Taruna Kalteng Siap Dilantik, Ini Persiapannya…

    PALANGKA RAYA – Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, Jumat 6 Oktober 2017 di Hotel Dandang Tingang Kota Palangka Raya, akan dilangsungkan pelantikan pengurus Karang Taruna Kalteng masa bakti 2017-2022 serta rapat kerja Karang Taruna se Kalteng tahun 2017.

    Pelantikan pengurus akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Karang Taruna Nasional Bapak Didik Mukrianto, SH., MH. Ketua Panitia Pelaksanan, Rano Rahman mengatakan dipilihnya Hotel Dandang Tingang sebagai tempat pelantikan dan Rakerprov bukan tanpa sebab. Hal ini sebagai salah satu cara memaksimalkan aset daerah yang dimiliki oleh pemerintah.

    Rano menambahkan Pelantikan dan Rakerprov diagendakan satu hari penuh, diikuti oleh seluruh pengurus Karang Taruna, dengan jumlah di atas 100 orang lebih. Semua Pengurus Karang Taruna Kabupaten/ Kota diundang bersama dengan Dinas Sosial selaku Pembina Fungsional.

    Peserta juga akan mendapat arahan dan motivasi dari Agustiar Sabran Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng, dikemas dengan acara Dialog mengusung tema “Sinergitas Gerakan Karang Taruna dalam Mendukung Penguatan Kearifan Lokal dan Kelembagaan Adat” begitu jelas Rano.

    Rakerprov periode 2017-2022 akan mensinergikan program nasional yang sudah berjalan seperti Karang Taruna berprestasi, peningkatan dan pengembangan ekonomi produktif, Bulan Bakti Karang Taruna yang dilaksanakan setiap tahunnya serta program strategis lainnya.

    Abdul Hafid, S.Pi selaku Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah mengungkapkan, tema yang diusung kali ini adalah “Karang Taruna Membangun Desa Untuk Kalimantan Tengah Berkah”.

    “Sesuai dengan tema di atas, tugas Karang Taruna sebagai Pilar Sosial adalah wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dibidang usaha kesejahteraan sosial. Selain itu juga, upaya pembinaan dan pembangunan di setiap desa/ kelurahan yang dilakukan Karang Taruna juga salah satu wujud nyata menyukseskan visi Kalteng Berkah Gubernur Kalteng,” ungkap Abdul Hafid.

    Tambahnya lagi untuk mencapai sasaran tersebut Karang Taruna akan bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungan sekitarnya.

    Salah satu upaya yang akan dilakukan Karang Taruna Kalteng, jelas Abdul Hafid pada Pelantikan dan Rakerprov nantinya akan ditandatangani MoU dengan Dinas Sosial Kalteng, isinya mensinergikan program-program strategis dari Kementerian Sosial yang bisa dilakukan oleh Karang Taruna. Misalkan, pembangunan daerah terpencil, pendataan masyarakat miskin, bantuan bedah rumah, membangun dan mengembangkan UMKM masyarakat.

    Ditambahkan, upaya terdekat juga akan dilakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan, Dinas Sosial dan Badan Pusat Statistik terkait masyarakat yang berhak sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI). Diintegrasikan dengan program Jamkesda ke program JKN BPJS Kesehatan. (tim/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 3 times, 1 visits today)