Seru..!!! Ada Turnamen Gala Desa, Olahraga Apa Saja…

    KASONGAN – Turnamen Gala Desa Tahun 2017 Resmi di buka Bupati Katingan Sakariyas. Dilapangan Gagah Lurus Kasongan, Sabtu ( 7/10/2017). Pembukaan itu ditandai dengan Penyerahan Pataka Gala Desa oleh Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Pendidikan Kemenpora RI , Drs. Arifin Majid, MM kepada Bupati Katingan Sakariyas SE.

    Bupati Katingan Sakariyas mengatakan Olahraga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam melakukan aktivitas fisik, maupun hanya sekedar menonton pertandingan olahraga. Bahkan olahraga tidak hanya diikuti kelompok usia dan golongan tertentu tetapi olahraga adalah kebutuhan semuanya.

    “Untuk menumbuhkan budaya olahraga dibutuhkan sebuah proses berjenjang dan berkelanjutan, dimulai dari keluarga sebagai terkecil dan masyarakat atau komunitas olahraga, dengan kebiasan berolahraga serta mempunyai komitmen memajukan olahraga didalam aktivitas sehari-hari maupun organisasi olahraga,” Ucapnya.

    Menurut Sakariyas, tujuan dari kegiatan tersebut menjadi masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan sosial yakni persatuan, sportivitas, disiplin, dan karakter yang tangguh. Selain itu juga untuk menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa/kelurahan untuk dikembangkan di tingkat nasional dan internasional.

    ” Pada kesempatan ini juga saya sampaikan dan ingatkan tantangan jaman saat ini cukup berbahaya peredaran narkoba. Dimana mana dan penyalahgunaannya juga menyasar kepada anak-anak muda kita dan pornografi, radikalisme yang akan menghancurkan keutuhan bangsa kita. Dan itu semuanya solusinya adalah dengan berolahraga. Kuncinya adalah sinergi dan kerjasam pusat dan daerah untuk memberikan semangat kepada bangsa indonesia,” Tutupnya.

    Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Pendidikan Drs. Arifin Majid, MM menyampaikan  Program Indonesia Sehat ( PIS) selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan baik fisik maupun non-fisik yang kemudian direncanakan melalui Rancangan Strategis Kementrian Pemuda dan Olahraga.

    “Kementrian Pemuda dan Olahraga selanjutnya membuat gerakan ” Ayo Olahraga” pada tahun 2017 dan meluncurkan program ” Gala Desa” yang bersinergi dengan kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan Transmigrasi,” ujarnya.‎

    Ketua Panitia Turnamen Gala Desa, Ransel, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Gala Desa di laksanakan pada tanggal 6- 18 oktober 2017. Cabang Olahraga yang dipertandingan ada 6 yaitu Sepak Bola, Tenis Meja, Sepak Takraw, Volly Ball, Bulu Tangkis dan Atletik dalam rangka Gala Desa Se kabupaten Katingan.

    “Tujuan kegiatan menumbuhkan tingkat kebugaran kesehatan desa dan kelurahan yang ada di kabupaten katingan. Selain itu juga terciptanya ketahanan sosial yaitu Sportivitas, disiplin, dan karakter yang tangguh serta menggali potensi dan bakat olahraga yang ada di desa-desa,”Pungkasnya.(ar/beritasampit.co.id).

    Editor : Edy Ruswandi

    (Visited 1 times, 1 visits today)