ASTAGA…Fusarium Serang 50 Hektare Tanaman Pisang Kepok di Seruyan, Kenapa Ya ?

    KUALA PEMBUANG – Sekitar 50 hektare tanaman pisang kepok terkontaminasi penyakit layu (fusarium) di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan. Penyakit ini merupakan penyakit paling bahaya pada tanaman pisang.

    “Penyakit ini menular melalui tanah, menyerang akar dan masuk kedalam bonggol pisang. Didalam bonggol ini jamur merusak pembuluh sehingga menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati,” kata Kapala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Sugian Noor, Minggu (8/10/2017).

    Ia menjelaskan Penyakit ini bisa menular sangat cepat jika penyebaran cendawan ini melalui air sangat sulit untuk diobati. Untuk menanganinya DKPP Kabupaten Seruyan memberikan 1500 gram/hektar obat hayati Trichoderma spp.

    “Karena obat hayati tersebut mampu menghambat jamur Fusarium yang menyerang tanaman pohon pisang. Selain itu, Trichoderma spp merupakan agen hayati yang mampu mematikan cendawa lain dengan toksin yang dihasilkannya,” jelasnya.

    Ia menambahkan, selain pemberian obat hayati pada tanaman pohon pisang kami juga memberikan penyuluhan tentang mengenali penyakit fusarium, dan cara mengobatinya atau mengatasinya. (rdi/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY