Katingan Buat Pedoman Pelaksanaan Penguatan Sistem Inovasi, Seperti Apa Ya ?

    KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, telah membuat pedoman pelaksanaan penguatan sistem inovasi daerah (PSIDa). Hal tersebut untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan ROADMAP PSIDa Kabupaten Katingan.

    Demikian disampaikan Bupati Sakariyas saat membuka rapat paripurna I tentang PSIDa dan workshop peningkatan budaya inovasi aparatur sipil negara (ASN) di Aula Bappelitbang, Selasa (10/10/2017).

    “Dan terkait hal ini telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati Katingan Nomor 62 Tahun 2016 tentang ROADMAP penguatan sistem inovasi daerah 2016-2020,” kata Bupati Sakariyas.

    Menurutnya, bahwa seperti yang telah disampakan oleh Kepala Bappelitbang, bahwa pertemuan hari ini adalah dalam rangka koordinasi dengan maksud untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan ROADMAP PSIDa Kabupaten Katingan.

    “Yakni mengetahui kendala dan permasalahan pelaksananya serta relevansi program atau kegiatan pada rencana aksi ROADMAP penguatan SIDa dengan isu-isu strategis RPJMD 2018-20123, serta menjaring saran atau masukan tentang desa inovatif dan ruang publik kreatif di Katingan,” ucapnya.

    Sakariyas berharap kepada seluruh apratut sipil negara agar inovasi dijadikan sebagai budaya kerja melalui peningkatan daya inovasi, sehingga diharapkan daya inovasi dalam masyarakat Katingan juga ikut meningkat. Selain itu juga dirinya meminta satuan organisasi daerah harus membuat inovasi baru dan juga inovasi tersebut bisa dijadikan sebagai budaya kerja.

    “Dan mulai tahun anggaran 2018 mendatang saya minta satu SOPD minimal satu inovasi sesuai tupoksi unit kerjanya masing-masing serta inovasi tersebut agar dijadikan sebagai budaya kerja,” ungkapnya.

    ‎Lanjutnya mengatakan, meminta kepada Bappelitbang untuk memacu semangat dalam meningkatkan daya inovasi agar menyelenggarakan kompetisi atau segala inovasi khususnya antar SKPD.

    “Ini wajib diikuti oleh SKPD, dan harapan kita melalui kompetisi ini terjaring banyak inovasi, selain untuk dilaksanakan sebagai pembaharuan pelaksanaan pemerintahan yang lebih berkualitas,” tandas Sakariyas.

    Hadir dalam Acara Rapat Parpurna 1 Penguatan sistem Inovasi Daerah ( PSIDa) dalam rangka Koordinasi Pelaksanaan ROADMAP PSIDA Kabupaten Katingan ini yaitu Sekda Katingan Drs. Nikodemus MM, Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir Ledie Nusa, Kepala Bappelitbang WIM Ngantung, Asisten 1, Asisten III, SOPD, Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama dan tamu undangan lainnya. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 1 times, 1 visits today)