Hati-Hati Pengguna BBM Jadi Sasaran Penipuan, Berikut Ceritanya…

    SAMPIT – Kepada pengguna BBM untuk berhati-hati setiap laman yang mengajak mengupload suguhan yang ditayakan media sosial. Bentuk model penipuan itu terjadi kala sang pemilik mengikuti tayangan cerita lucu video yang masuk keakunnya tersebut.

    Hal itu diungkapkan Nurul Karmila kepada beritasampit.co.id, bahwa dalam sepekan lalu program akun BBM miliknya terkunci dan tidak bisa dibuka lagi setelah dirinya mengupload dimedia sosial yang mana salah satunya ajakan yang menurutnya ada cerita lucu sebagai modusnya.

    “Waktu itu saat membuka internet ada ajakan mengupload cerita yang lucu hingga dirinya tertarik mengikuti ajakan itu,” ujarnya di kantor Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Samuda, kabupaten Kotim, Rabu(11/10/2017).

    Lanjut Nurul yang akrab disapa, kalau diri tak pernah menyangka kalau akun pribadinya itu akan dimanfaat orang lain sebagai bahan modus penipuan. Nurul yang bekerja sebagai Kaur Pemerintahan desa Jaya Karet merasa sangat marah dengan perbuatan orang yang memakai akun bbm pribadi miliknya dengan cara menghakker akun pribadinya menipu orang lain.

    Diapun bercerita, mulanya kejadian itu pada Sabtu 30 September 2017 lalu kala dirinya memposting ajakan yang menurutnya ada cerita lucu video yang menarik untuk dilihat. Terus kita upload dan turut memasukan nomor sandi bbm. Begitu memasukan nomor sandi miliknya malah yang terbuka jadi error.

    Kemudian katanya membiarkannya begitu saja tanpa menyangka hal itu akan merugikan orang lain,ujarnya. Lanjutnya bercerita, dirinyapun saat itu bingung setelah membuka potingan itu ternyata tak bisa dilihat alias error. Namun akun bbm miliknya sesudahnya terkunci dan tak bisa digunakan lagi.

    Sehari setelah terkunci itu, Ia pun berkesimpulan membuat emal dan sandi baru untuk mengaktifkan kembali laman bbmnya. Kekesalan Nurul kepada pemakai akunnya pribadinya itu katanya, telah menipu teman-temannya yang sudah memiliki email dan nomor pribadinya.

    Disitu cerita Nurul, pelaku memanfaatkan akun bbm pribadinya mempromosikan handpon-hanpon murah merek-merek terkenal seperti Samsung, Oppo dan Vivo. Pada salah satu teman bernama Aisyah sebagai guru honorer di Sampit tertarik harga penjualan promo handpon(hp) murah yang dijual lewat promo itu. Maklum harga tak terkumpul kalau beli yang lengkap harga pasaran Sampit tiga jutaan lebih.

    Cerita Nurul lagi, temannya tadi lalu bbm dirinya mau membeli hp Samsung J7 yang ada dipromo itu. Katanya menjawab, bahwa promo itu ada kepada sepupunya, dan orang itu menyuruh menghubungi alamat telpon sepupunya katanya berada di Pekan Baru. Tentu saja temannya percaya karena itu seakan aku memperkenalkannya, katanya.

    Setelah itu korban temannya Aisyah mungkin asyik ngoprol-ngobrol dan cerita berbagai jenis hp, korban merasa harga barang itu miring dari pasaran yang membuatnya jadi terpikat. Hingga deal harga dengan yang dipromokan itu.

    “Teman aku langsung mentransfer uangnya kerekening yang mereka tujukan sebesar Rp 1, 5 juta, dan barang dikirim Senin, ” katanya sedih. Tak hanya itu sambungnya, esok harinya teman korban juga dihubungi dan diajak turut menjadi salah satu member promosi tapi ada syarat -syaratnya. Kalau yang bersangkutan mau ikut sebagai member setidaknya harus menyiapkan uang masuk sebagai anggotanya.

    Waktu korban bertanya berapa harus menyetor sebagai anggota, tapi pelaku membujuk dengan kalkulasi penjualan banyak uang tersebut akan menghasilkan poin yang banyak dari pengihitungan penjualan dalam waktu sebentar uang itu akan kembali.

    Orang itu langsung menyebut Rp 3 juta kalau mau ikut. Nah rupanya temannya baru sadar kalau dirinya masuk keperangkap modus penipuan. “Kejadian itu seminggu yang lalu kepada teman sendiri. Dan dia baru sadar setelah permintaan uang kedua yang ingin mengajaknya sebagai member promo hp,” ujarnya.

    Diapun berpesan kepada teman-teman lainnya maupun masyarakat luas kalau ada yang mengatasanamakan dirinya, itu tidak benar. “Saya berharap kalau ada bbm dirinya yang seakan memporomokan jual hp murah itu penipuan,” tandas wanita berjilbab itu kesal.(mar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 2 times, 1 visits today)