PBS Harus Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

    SAMPIT – Anggota Fraksi Amanat Nasional Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Roy Lumban Gaol, mengatakan bahwa peran Perusahaan Besar Swasta (PBS) sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

    Akan tetapi, dengan banyaknya PBS yang berinvestasi di Kotim, pemerintah daerah perlu melakukan antisipasi terhadap banyaknya pencari kerja dari luar daerah yang melihat peluang tersebut.

    Hingga, anggota Komisi II DPRD Kotim ini, meminta supaya adanya keseriusan pemerintah daerah untuk menjalankan Peraturan Daerat (Perda) tentang tenaga kerja lokal, supaya adanya keadilan buat masyarakat lokal yang berada di sekitar kawasan PBS bediri dan juga buat masyarakat daerah.

    “Keberhasilan pembangunan selama ini tidak terlepas dari besarnya peran swasta yang melakukan investasi di Kotim, akan tetapi dalam penerimaan tenaga kerja pada PBS yang berinvestasi tersebut harus lebih diutamakan masyarakat lokal,” ujar Roy sapaanya, Minggu (15/10/2017).

    Dirinya juga mengatakan dengan kondisi, tersebut akan mengantisipasi adanya permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat hingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kotim.

    Kemudian lagi pemerintah daerah harus dapat menjalin kerja sama dengan PBS untuk dapat memperhatikan kesejahteraan masyarakat lokal tanpa harus berpaku terhadap pembangunan fisik.

    “Pemerintah daerah, mestinya harus merencanakan pembangunan yang lebih maju adil dan merata, serta perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat setempat yang berpihak pada masyarakat, sehingga jika ekonomi tumbuh, hendaknya juga dinikmati masyarakat setempat,” tutupnya. (fzl/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY