WOW..!! 80 Wanita Sukamara di Periksa Kanker Leher Rahim

    SUKAMARA – Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukamara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sukamara,  menggelar pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) terhadap wanita di wilayah itu.

    Menurut Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini,  Yoan Oro,  pemeriksaan rutin kesehatan reproduksi wanita,  selain menjaga kesehatan,  juga untuk mendeteksi dini penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara.

    “Antusiasme masyarakat yang ikut kegiatan pemeriksaan cukup tinggi, jumlah peserta yang mengikuti melampaui target yang ditetapkan dari 20 orang menjadi sebanyak 80 orang,” tukas Yoan Oro, Rabu (18/10/2017). 

    Dikemukakannya, dari pemeriksaan IVA pada 80 peserta dinyatakan negatif, sehingga tidak ada yang dinyatakan terkena atau terindikasi mengidap kanker serviks.

    “Kita juga berharap dari kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan secara gratis,” ungkapnya.

    Lebih lanjut dia mengungkapkan, dalam pemeriksaan IVA yang lebih diutamakan adalah wanita yang sudah berkeluarga atau sudah menikah serta persyaratan lainnya yang memang diperbolehkan untuk dapat dilakukan pemeriksaan leher Rahim atau servik.

    “Sebenarnya kegiatan ini kami belum melakukan sosialisasi, namun ternyata kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya cukup tinggi, jadi kami cukup senang,” ungkapnya. (cho/beritasampit.co.id)

    Editor: A. Uga Gara