Tahun Ini, DKPP Sukamara Berupaya Capai Target 450 Ekor Sapi Bunting

    SUKAMARA – Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 450 ekor sapi betina bunting tahun ini.

    Upaya agar target tersebut tercapai adalah dengan menjalankan program Upsus SIWAB atau upaya khusus sapi indukan wajib bunting dengan melakukan inseminasi buatan (IB). “Hingga saat ini yang bunting itu sudah ada 215 ekor sapi dan sudah ada 6 ekor sapi lahir dari program ini,” ucap Syamsir, Sabtu (21/10/2017).

    Menurutnya, program Upsus Siwab sangat membantu peternak yang tidak memiliki sapi jantan, sehingga IB bisa dilakukan dengan membuat sapi betina birahi yang akan membuat seluruh sapi betina di Sukamara berkembang biak secara bersamaan. “Tujuan program ini tentunya swasembada daging, selain itu kualitas peternak juga meningkat,” ucapnya.

    Perkembangan ternak sapi di Bumi Gawi Barinjam sangat menjanjikan, namun masih kurang terorganisir sehingga tidak bisa mengembangkan sapi yang sebagian besar merupakan bantuan baik dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat. “Kita gerakkan program upsus siwab ini hingga tahun ini tercapai target,” demikian pungkasnya.(sya)

    Editor: DODY