Masyarakat Muslim Katingan Antusias Ikuti Wisuda Akbar Penghafal Al-Quran

    KASONGAN – Pelaksanaan wisuda akbar Penghafal Al-Quran ke-8, yang di gagas oleh Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Quran, Sangat antusias di ikuti Kalangan Masyarakat Muslim di Katingan, Minggu ( 22/10/2017).

    Wisuda Akbar yang di buat oleh Yusup Mansur ini, juga serentak ‎di laksanakan di 16 kabupaten/kota, 12 provinsi dan 15 negara, Salah satunya di Kota Kasongan bertempat di Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir ini.

    Dalam sambutannya, Bupati Katingan Sakariyas SE, yang disampaikan Asisten II Katingan, Ahmad Robama mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan, sangat menyambut baik dan mendukung penuh dengan Wisuda Akbar Ke 8 yang di gagah oleh Program Pembibitan Penghafal Al-Qur”an Daarul Quran tersebut.

    “Kami dari pemerintah Kabupaten Katingan sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. Sehingga semangat orang tua untuk mengajak anak-anaknya di ajang menghafal Quran berjamaah ini sangat antusias. Semoga kegiatan ini selalu diberikan berkah bagi pengahfal Quran,” pungkas Robama.

    ‎Ketua panitia Ustad Muarifin, mengatakan bahwa pelaksanan wisuda akbar ke-8 tingkat provinsi ini serentak di laksanakan di 17 kabupaten/kota, serta 12 provinsi dan 15 negara. Salah yang terpilih adalah Kota Kasongan, bertempat di Desa Hampalit Kecamatan Katingan ini tersebut.

    “15 negara yang juga melakasanakan wisuda akbar yaitu, Palestina, Mesir, Hongkong, Taiwan, Afrikas Selatan, Amerika serikat, Arab Saudi, Malaysia, Korea Selatan, Sudan, Jerman, Jordania dan Lebanon,” ucapnya.

    Dirinya dengan juga mengatakan dengan adanya pelaksanaan wisuda akbar ini diharapkan berjalan dengan baik, tidak ada kendala dan lancar sampai akhir acaranya. Begitu juga kegiatan tersebut bisa membawa berkah dalam mendalami tentang kitab suci Al-Qur’an.‎

    “Semoga dari pelaksaan wisuda akbar ini akan menjadi berkah dan akan setiap umat akan lebih mendalami tentang Al-Qur’an,”Ucap Muarifin. Dalam Wisuda Akbar ke 8 ini, surat pilihan yang menjadi materi hafalan adalah surat Al Fath untuk masyarakat umum. Sementara untuk santri-santri tahfitzh terdiri dari kategori juz 1,5,10,20,25 dan 30.

    ‎Sementara itu, salah satu panitia penguji Wahyu, mengatakan bahwa selama tes hafalan para peserta dengan serius dan sangat antusias selama berlangsung nya tes hafalan surah-surah Al-Quran.‎

    “Dari anak-anak, remaja bahkan orang tua banyak ikut karna sangat ingin mendalami tentang al-quran, menghafan dan mengamalkan al-quran bukan hanya sekedar ingin mendapatkan sertifikat,”ujarnya

    Dirinya berharap setelah wisuda akbar ini agar para peserta yang mengikuti tes hafalan semakin hari akan semakin tumbuh rasa cinta terhadap Al-Qur’an.

    “Selama tes hafalan dilaksanakan ia menyampaikan bahwa anak-anak dan para remaja sudah baik dalam membaca Al-Quran. Dan Alhamdulilah selama tes hafalan berlangsung anak-anak dan remaja sudah lumayan lancar, kemudian tadi ada orang tua juga ikut itu akan menjadi motivasi bagi anak-anak agar kedepannya bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar,” imbuhnya

    Selain para alim ulama Habib HM. Said ismail yang juga Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang menghadiri acara tersebut juga hadir sejumlah Pejabatan dan pemerintah kabupaten katingan yaitu Asisten II Katingan Ahmad Rhobama , Kaplsek Katingan Hilir, sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan tamu undangan lainnya. (ar/beritasampit.co.id)‎

    Editor: DODY