​Kabupaten Katingan Masih Kekurangan Pendamping Desa

607
Kepala Dinas PMDes Kabupaten Katingan, Kabul Mustiman

KASONGAN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMDes) Kabupaten Katingan, Kabul Mustiman mengatakan, tenaga pendaping desa (TPD) di wilayah itu masih kekurangan.

Kabul Mustiman merinci, Kabupaten Katingan memiliki wilayah Kecamatan sebanyak 13 kecamatan dan 134 desa. Sementara TPD yang tersedia hanya berjumlah 84 orang.

“Karena kekurangan, setiap 1 orang TPD yang terdiri dari tenaga pendamping maupun tenaga ahli, terpaksa merangkap 1 orang 4 desa,” rinci Kabul Mustiman kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin ( 23/10/2017).

Dijelaskannya, jika dilihat dari sisi geografis letak desa yang ada dikabupaten katingan cukup banyak dan jarang yang berjauhan.

Baca Juga:   ​Waaah, Banjir Ternyata Membawa Berkah Bagi Warga Kasongan

“Yang menjadi persoalan itu, bagaimana kalau desa-desa letaknya berjauhan. Apalagi dibagian hulu. Sehingga tidak begitu efektif pelaksanaan untuk pendampingan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengingatkan kepada TPD, baik yang lama, maupun yang baru. Agar senantiasa meningkatkan kemampuan diri mereka. Dalam kemampuan diri yang dimaksud adalah kemampuan untuk memahami tugas masing-masing. (ar/beritasampit.co.id)

Editor: A. Uga Gara

Komentar Facebook

comments