Ayoo Dukung Terantang, Jadi Sentra Industri Kerajinan Bahan Baku Rotan

    SAMPIT – Dalam agenda resesnya, 6 orang Anggota DPRD Dapil III, kunjungi desa Terantang kecamatan Seranau. Adapun 6 orang tersebut, terdiri dari Dadang H Syamsu fraksi PAN, Sanidin fraksi Grindra, Ida Laila fraksi PPP, H. Abdul Kadir fraksi Golkar, Agus Suriantara fraksi PDIP dan Rambat fraksi PKB.

    Adapun agenda reses tersebut disempatkan mereka meninjau kerajinan olahan rotan di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yakni SMA PGRI 2 Sampit.

    Sekolah tersebut, mempunya banyak anak murid yang telaten dan terlatih dalam menganyam rotan menjadi berbagai macam olahan, sehingga menjadi perhatian khusus dan akandidukun DPRD untuk pengembangan desa Terantang menjadi desa sentra industri olahan rotan.

    “Terantang ini banyak sekali terdapat kebun rotan, dan disini adalah salah satu penyuplai rotan terbesar di Kotim, bahkan mungkin sekalteng, jadi sangat strategis desa ini dijadikan desa sentra industri olahan rotan, kami dari DPRD siap mendukung,” ujar salah satu anggota Dapil III, Dadang H Syamsu, Kamis (26/10/2017).

    Selain itu juga, Dadang menilai bahwa pengembangan industri rotan memang perlu di perhatikan dan dapat didukung oleh pemerintah daerah, sebab menurutnya olahan rotan sekarang ini masih belum terkelola maksimal oleh pemerintah daerah sehingga perlu adanya trobosan yang baik supaya olahan rotan dapat menunjang tumbuhnya ekonomi baru yang dapat mensejahterakan petani rotan dan pengrajin rotan.

    “Hal ini lah, yang perlu kita pikirkan kedepan bagaimana tindak lanjutnya, supaya Terantang dapat terwujud menjadi desa sentra industri rotan hingga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar, dan kalau perlu menjadi sumber pendapatan baru (PAD) buat daerah,” tungkasnya.

    (fzl/Beritasampit.co.id).