Organisasi Pemuda Ini Diminta Aktif Gerakkan Pemuda di Katingan

    KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan berharap Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPD KNPI ) Katingan harus aktif mengerakkan pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Katingan yaitu dalam menjalan bentuk kegiatan maupun program serta bertanggungjawab untuk menjalankan visi misi Katingan yaitu katingan cerdas, sehat dan terbuka.

    Hal itu disampaikan pidato Bupati Katingan Sakariyas yang disampaikan oleh Asisten II Ir. Katingan Ahmad Rubama, pada kegiatan Pentas Pemuda “Lomba Pidato dan Akustik” DPD KNPI Katingan dalam rangka Hari sumpah Pemuda ke 89, di halaman Kantor DPD KNPI Katingan setempat, Sabtu ( 28/10/2017) malam.

    Asisten II Katingan Ahmad Rubama, juga mengatakan bahwa ‎hari sumpah pemuda ke 89 merupakan hari besar bagi Republik Indonesia terutama di kabupaten katingan. Hal itu merupakan keputusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan pada tanggal 28 oktober 1928 di batavia ( jakarta). Hal juga merupakan keputusan yang menjadi cita-cita besar bagi bangsa Indonesia dan keputusan itu menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan indonesia.

    “Kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan sebuah dari proses perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis. Sehingga kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda untuk membuatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia. Kemudian tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat indonesia,”Ujar Ahmad Rubama.‎

    Dirinya mengatakan hampir semua peristiwa perubahan tidak lepas dari peran pemuda, dari berbagi peristiwa tersebut terdapat benang merah bahwa pemuda senantiasa menempatkan dirinya di garda terdepan peristiwa. Namun pemuda indonesia selalu menempatkan dirinya sebagai agen perubahan ( agent of Chage) bagi negerinya. “Konsepsi peranan ini menempatkan pikirian dan tindak mereka untuk selalu mengelorakan peristiwa yang dipelopori oleh pemuda,” Ucapnya.

    Bahwa setiap momentum perubahan yang dilakoni kalangan pemuda, selalu menyentuh nilai-nilai, sikap dan pola prilaku dalam sistem sosial masyarakat. Dalam realitasnya, terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Dari catatan sejarah sejak pencetusan ikrar sumpah pemuda, selain memberikan makna historis juga terdapat makna filosofis.

    Sehingga diharapkan DPD KNPI Katingan harus bisa mengerakkan lagi pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Katingan dalam menjalan bentuk kegiatan maupun program serta bertanggungjawab untuk menjalankan visi misi Katingan yaitu katingan cerdas, sehat dan terbuka.

    Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Indonesia ( DPD KNPI) Katingan Edy Ruswandy, berharap potensi-potensi pemuda di katingan betul-betul tergali dalam mendukung pembangunan yang ada di kabupaten katingan. Salah satunya adalah dengan kegiatan Pentas Pemuda Lomba Pidato dan Akustik DPD KNPI Katingan dalam rangka Hari sumpah Pemuda ke 89.

    ” DPD KNPI Katingan juga salah satu kegiatan yang bertanggungjawab dalam mendukung pembangunan dan mensukseskan visi misi kabupaten katingan yaitu katingan sehat, cerdas dan terbuka,” Terang Edy.

    Edy Ruswandy yang juga Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) Katingan, berharap potensi-potensi pemuda-pemudi yang ada di kabupaten katingan betul-betul tergali sehinga penerus generasi selanjutnya betul-betul bisa untuk membangun Bumi Penyang Hinje Simpei ini kedepannya.

    Sementara itu, Ketua Panitia Iskandar menyampaikan kegiatan Pentas Seni lomba Pidato dan Akustik DPD KNPI Katingan ini, merupakan sebuah momentum untuk memperingati hari sumpah pemuda ke 89.

    Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi pihaknya dalam mencerdaskan pemuda-pemudi di Katingan salah satunya kegiatan Pentas Pemuda DPD KNPI Katingan.

    “Peserta Lomba ada pidato ada‎13 orang dan beberapa sekolah yang ada di kecamatan katingan hilir.kemudia lomba akustis sebanyak ‎10 grub dari kecamatan katingan hilir yang ada di kota kasongan,” ucapnya.

    Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan kedepan bisa mendidik tunas-tunas muda yang bisa membangun kabupaten katingan untuk lebih maju sesuai dengan visi misi Katingan sehat,cerdas dan terbuka.

    (ar/beritasampit.co.id).