Hutan di SM Lamandau Direstorasi

885
FOTO: SYA/BS-Plt. Sekda Sukamara, Sutrisno saat menandatangai komitmen bersama restorasi hutan SM Lamandau di pos pengawasan Danau Burung, Selasa (30/10/2017).

SUKAMARA – Upaya melestarikan kawasan hutan konservasi diwilayah Suaka Margasatwa (SM) Lamandau dilakukan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah dengan melakukan restorasi hutan yang rusak akibat kebakaran.

Plt Sekda Sukamara, Sutrisno mengatakan bahwa restorasu hutan merupakan upaya untuk memulihkan kondisi hutan alam seperti sediakala sekaligus mingkatkan fungsi dan nilai hutan baik ekonomis maupun ekologi.

“Merestorasi hutan yang hilang dan lahan terdegradasi sangat penting bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia, ketahanan pangan jangka panjang, kestabilan iklim dan konservasi hayati,” ucap Sutrisno saat membuka restorasi hutan SM Lamandau di pos pangawasan Danau Burung, Senin (30/10/2017).

Baca Juga:   Lautan Manusia Tumpah Ruah, Sambut Jokowi di Malaysia

Menurut Sutrisno, pemerintah daerah selalu mendukung kegiatan konservasi yang dilakukan BKSDA Kalimantan Tengah, karena itu pihaknya ingin hutan di SM Lamandau bisa pulih seperti sediakala.

“Dalam restorasi SM Lamandau ini pemerintah memiliki peran memfasilitasi dan mendukung segala yang diperlukan oleh stakeholder dalam kegiatan ini,” kata Sutrisno.

Sementara itu, Direktur Orangutan Foundation (UK), Ashley Leiman OBE mengatakan kegiatan restorasi kawasan konservasi merupakan kegiatan yang sangat penting, sehingga pihaknya terus berusaha menjaga hutan dari bahaya kebakaran.

“Pada 2016 lalu disediakan bibit pohon sebanyak 18 ribu untuk kegiatan restorasi dan tahun ini ada 23 ribu bibit dan tahun depan harapannya sama karena kami memiliki anggaran,” ucapnya.

Baca Juga:   Miris...Masyarakat Batu Hambawang Sangat Mendambakan Pembangunan Jalan

(sya/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments