Warga Katingan Dilatih Keterampilan Tanggulangi Karhutla

    KASONGAN – Sebanyak 46 orang dari 13 kecamatan se Kabupaten Katingan, diberi pendidikan dan pelatihan tentang keterampilan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

    Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Katingan, melalui leading sektornya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Senin (30/10/2017).

    Kegiatan itu berlangsung di simpang Tiga antara Jalan DI Penjaitan, Jalan Akhmad Yani dan Kereng Humbang-Kasongan, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota BPBD setempat dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan Karhutla tahun 2017.

    Mereka yang mengikuti kegiatan ini mewakili dari kecamatan Katingan Kuala 2 orang, Mendawai 2 orang, Kamipang 5 orang, Tasik Payawan 5 orang, dan Katingan Hilir 4 orang.

    Kemudian dari Kecamatan Tewang Sangalang Garing 5 orang, Pulau Malan 3 orang, Katingan Tengah 4 orang, Sanaman Mantikei 2 orang, Petak Malai 2 orang, Marikit 2 orang, Katingan Hulu 2 orang, Bukit Raya 2 orang dan BPBD sendiri 6 orang.

    Sedangkan yang melakukan pembinaan tentang larangan Karhutla yang berhubungan dengan masalah hukum adalah dari kepolisan Polres Katingan. Untuk teknis peranan dalam penanggulangan Karhutla dari jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

    Lalu pengenalan teknis dan pengoperasian mesin dan peralatan pemadam kebakaran (damkar) serta praktek lapangan/simulasi damkar Karhutla dipimpin oleh bagian Damkar Kabupaten Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)