Perintah Pangdam Dilaksakan, TNI Bantu Evakuasi Korban KM. Dharma Kencana II

    PONTIANAK – Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos membenarkan adanya perintah dari Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa, SE., MA., M.Sc., Ph.D, kepada Komandan Kodim 1014/Pangkalan Bun untuk segera membantu proses evakuasi penumpang Kapal Motor Dharma Lautan Kencana II, yang mendapat musibah kapal terbakar.

    Kapendam XII/Tpr menyampaikan, bahwa Kodim 1014/Pangkalan Bun mengirim Satuan Setingkat Kompi (SSK) dan satu Kompi dari Yonif Raider 631/Antang untuk membantu proses evakuasi dan saat itu juga mendirikan tenda posko di area Pelabuhan Panglima Utar, untuk menampung penumpang yang selamat sebelum dibawa ke daerah Pontianak, Kalimantan Barat.

    Menurut Komandan Kodim1014/Pbn Letkol Inf Wisnu Kurniawan, Kapal Motor Dharma Kencana II yang terbakar di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, atau 20 mil dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, membawa ratusan penumpang. Kapal berlayar dari Pelabuhan Tanjung Mas dengan tujuan Pelabuhan Pontianak.

    Saat ini penumpang selamat dan sudah dievakuasi menggunakan KM Kirana I, disampaikan Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Subekti di Media Center Kodam XII/Tpr, Jalan Teuku Umar No 47 Pontianak, Kalbar, Senin (30/10/2017).

    “Ya koordinasi terus dilakukan untuk mengambil langkah-langkah hingga saat ini, Dandim 1014/Pbn telah mengeluarkan instruksi sekaligus koordinasi dengan pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dharma Lautan Kencana Kumai, KP3, Danpos AL, serta Basarnas Perhubungan Laut,” tukas Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Subekti. (rilis Pendam/Tpr for beritasampit.co.id)