Ini Solusi Bupati Seruyan Terkait Realisasi Lahan Plasma PT. BSAP

    KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan H. Sudarsono, memberikan solusi terkait permasalahan realisasi plasma antara masyarakat dengan PT. Bumi Sawit Abadi Pratama (PT. BSAP), menggantikan lahan yang lebih produktif.

    Bupati Seruyan, H. Sudarsono mengatakan terkait permasalahan lahan plasma antara PT. BSAP dengan warga sudah dicarikan jalan keluarnya.

    “Perusahaan sudah menemui saya untuk meminta solusi terkait masalah ini dan kita dari pemda sudah memberikan solusi akan mencarikan lahan,” katanya.

    Ia menjelaskan, sebenarnya sudah ada lahan HPL milik warga yang sudah di sediakan, namun lahan tersebut dulunya bekas tambang warga jadi berpasir sehingga kemungkinan tidak produktif.

    “Jadi artinya perusahaan itu kasian pada masyarakat, karena bila tetap realisasi di lahan itu masyarakat akan merugi,” terangnya.

    Ia menambahkan, untuk solusinya pemerintah daerah akan mencarikan lahan di sekitar Terawan yang statusnya HP untuk di tukar dengan lahan HPL milik warga tapi yang pasti kita harus berproses.

    Sedangkan untuk permintaan warga mengenai pembagian hasil dari lahan milik perusahaan, Sudarsono (Bupati) mempertanyakan. “Dasarnya apa, kalau mau meminta boleh saja tapi kalau perusahaan mau memberi,” jelasanya.

    (rdi/beritasampit.co.id)