Bupati Kobar Hj. Nurhidayah “Optimis” Jadi Produsen “Sayur-Mayur”

    PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah mengatakan ‘optimis’ dimasa depan nanti Kabupaten bisa menjadi produsen ‘sayur mayur’ di Provinsi Kalteng. Sebab, lahan di Kabupaten Kobar kalau diolah secara baik, semua sayur mayur yang langka di Kobar, bisa tumbuh subur di Kobar.

    Bupati Nurhidayah, mengatakan Kabupaten Kobar, bisa menjadi produksen sayur mayur,terinfirasi saat Nurhidayah, bersama suaminya HM.Ruslan. AS dan H. Hamdhani Anggota DPR.RI serta Kamaludin.SH. Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, panen sayur Wortel di Desa Kumai Batu Atas, Kamis (2/11/2017).

    Menurut Nurhidayah,sebelumnya banyak yang beranggapan bahwa sayur mayur seperti Wortel, Kubis, Kol, tidak bakalan tumbuh di Kabupaten Kobar. “Setelah di uji coba membangun demplot kebun wortel dan daun kubis /kol, oleh Kelompok Tani di Desa Kumpai Batus Atas ini, ternyata sayur-sayur itu bisa tumbuh subur,dan bisa dipanen dengan baik,” ungkap Nurhidayah, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id.

    Lanjut Nurhidayah, pada tahun anggaran 2018 Pemkab Kobar, siap memfasilitasi bantuan untuk seluruh petani yang akan membuka lahan kebun sayur. Namun tentunya mereka para petani, harus benar-benar memiliki lahan kebunnya dan menjadi anggota Kelompok Tani, di desanya masing-masing.

    Dijelaskan Bupati, mulai tahun depan program tanaman pangan hortikultura akan segera diprioritaskan anggarannya. Dan diharapkan nanti dari program pengembangan kebun sayur, hasilnya bisa menutupi kebutuhan pasar yang ada di Kabupaten Kobar, khususnya dan umumnya di Provinsi Kalteng.

    “Kita harus optimis, kedepan Kabupaten Kobar harus bisa menjadi produsen sayur mayur, kenapa tidak. Kobar masih banyak memiliki lahan kosong, di Desa Kumai Batus Atas, saja kalau lahan kosongnya diolah dengan baik menjadi tanaman sayuran, kebutuhan sayur-mayur di Kalteng bisa teratasi. Dan Pemkab siap memberikan bantuan anggaran kepada kelompok tani,yang benar-benar bisa menghasilkan untuk kepentingan masyarakat banyak,” beber Nurhidayah, member semangat kepada sejumlah Kelompoktani. (man/beritasampit.co.id)