Proses Panjang, Jalan TPA Kapuas Segera Diaspal

    KUALA KAPUAS – Minggu-minggu ini, tim penilai adipura akan melihat secara langsung sejumlah titik pantau di Kabupaten Kapuas. Salah satunya, yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handel Palinget, yang berada di Jalan Pemuda, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas.

    Oleh karena itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas, Rianova, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Kebersihan (PK), Ahmad Isnaeni, mengharapkan agar pengaspalan akses jalan masuk keluar TPA itu bisa segera selesai.

    “Kami dari Bidang PK, berharap untuk pengaspalan di TPA selesai dalam minggu ini,” ungkap Kabid PK DPUPRPKP Kapuas, Isnaeni, di ruang kerjanya, Jumat (3/11/2017).

    Sebab, lanjutnya, proses penilaian adipura saat ini sudah mulai berjalan, dan kemungkinan dalam minggu depan sudah masuk dalam wilayah kalimantan.

    “Jadi ada beberapa pekerjaan yang saya rasa segera digenjot, dan dipercepat pekerjaannya, yakni selain aspal juga drainasenya,” ucapnya.

    Ia menambahkan, bahwa menurut informasi dari PPTK pelaksanaan pekerjaan peningkatan jalan menuju TPA itu, untuk pengerjaan drainasenya akan dilakukan setelah pengaspalan selesai. “Katanya setelah selesai diaspal baru dipasang drainasenya. Padahal menurut saya, dari sisi penyelesaian pelaksanaan pekerjaan, ini waktu sangat mepet sekali,” ucap Ahmad Isnaeni.

    Dan lagi, sambung Isnaeni, sebelumnya pihak rekanan sudah berjanji akan menyelesaikan pengaspalan di bulan Oktober lalu. “Namun nyatanya, sampai saat ini masih belum diaspal. Jadi kita berharap jalan ini (TPA) segera diaspal,” ujarnya.

    Sementara itu, pihak pekerja di lapangan mengatakan akan segera melakukan pengaspalan, selanjutnya membuat drainase.

    Untuk diketahui, kegiatan peningkatan jalan masuk TPA dengan anggaran sebesar Rp3,4 miliar lebih tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) tahun 2017. Adapun waktu pelaksanaan dari tanggal 15 Juni – 11 Nopember 2017 dengan penyedia PT Alian Jaya Utama Pusat Kuala Kapuas.

    (ps/beritasampit.co.id)