DKPP Sukamara Rutin Periksa Kesehatan Hewan Rusa, Kenapa ?

    SUKAMARA – Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa di Kabupaten Sukamara, terdapat 125 ekor Rusa Sambar yang ditangkatkan disalah satu perusahaan sawit.

    Untuk memastikan kesehatan rusa-rusa tersebut, pihaknya rutin memeriksa kesehatan dan mengecek lokasi penangkaran yang berada di PT. Kalimantan Sawit Kusuma (KSK).

    “Populasi rusa dipenangkaran ini sudah memiliki izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Syamsir, Minggu (5/11/2017).

    Menurut Syamsir, dengan adanya kerjasama antara pihak perusahaan besar sawit dan DKPP Sukamara diharapkan keberadaan Rusa di Kabupaten Sukamara, tetap terjaga.

    Pasalnya hewan yang memiliki ciri khas tubuh besar dengan warga bulo cokelat, tinggi 102 cm hingga 160 cm itu banyak menjadi hewan favorit para pemburu.

    “Hewan ini termasuk salah satu hewan langka dan harus dilindungi karena spesiesnya yang mulai berkurang, kami berharap masyarakat tidak lagi memburunya dan bisa menyerahkan ke dinas terkait atau penangkaran jika ada yang menemukannya,” pungkas Syamsir.

    (sya/beritasampit.co.id)