4 Poktan Terima Bibit Sapi Dari DKPP Sukamara

    SUKAMARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara memberikan bantuan bibit Sapi Bali untuk empat kelompok tani di Kelurahan Mendawai dan Desa Pangkalan Muntai.

    Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa bibit sapi yang dibagikan sebanyak 8 ekor yang terdiri dari 7 ekor sapi betina dan 1 ekor sapi jantan.

    “Selama 2017 sudah ada 32 ekor bibit sapi yang diberikan sebagai bantuan untuk kelompok tani yang semuanya merupakan bantuan dari APBD II,” ujar Syamsir, Rabu (8/11/2017).

    Syamsir menerangkan tujuan dari bantuan bibit sapi agar dapat menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan populasi dan produksi ternak sapi, selain itu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani serta tumbuhnya kelompok usaha peternakan rakyat.

    “Bantuan bibit ternak ini merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat,” ucapnya.

    Bantuan bibit sapi yang diterima masyarakat di Kabupaten Sukamara bukan hanya bersumber dari dana APBD II atau dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, namun ada juga bantuan dari pemerintah pusat yang merupakan program Unit Pengelolaan Pupuk Organin (UPPO) masing-masing kelompok menerima 5 ekor yang terdiri dari 4 sapi betita dan 1 ekor sapi jantan.

    “Untuk bantuan dari pemerintah pusat ada kelompok di Desa Natai Sedawak dan Bukit Sungkai sehingga dalam tahun ini sudah ada 47 ekor sapi bantuan yang diterima masyarakat,” pungkas Syamsir. (sya/beritasampit.co.id)‎