Sukamara Dapat Mesin Pembuat Es Batu, Untuk Apa?

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara mendapat bantuan mesin pembuat es batu berkapasitas 1,5 ton untuk kelompok nelayan yang tergabung dalam koperasi nelayan pantai tanjung pinang yang berada di desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci.

    Kepala Dinas Perikanan Sukamara, Yofi Yudistira mengatakan bahwa mesin pembuat es batu tersebut merupakan bantun dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan sudah dilakukan ujicoba pembuatan es.

    “Adanya bantuan mesin pembuat es batu ini akan sangat membantu nelayan di Pantai Lunci, karena selama ini memang tidak ada pabrik pembuat es batu disana,” ucap Yofi, Kamis (9/11/2017).

    Yofi menerangkan jika bantuan untuk kelompok nelayan saat ini harus melalui koperasi yang memiliki badan hukum sehingga jelas pengelolaan bantuan tersebut, karena itu hingga saat ini di Kabupaten Sukamara baru terdapat satu koperasi nelayan.

    “Karena setiap bantuan untuk nelayan itu syaratnya harus berbadan hukum,” ucap Yofi.

    Agar kelompok nelayan di Kabupaten Sukamara bisa mendapat bantuan baik dari pemerintah provinsi maupun pusat, maka pihak Dinas Perikanan Sukamara terus berupaya agar kelompok nelayan tergerak untuk membentuk koperasi.

    “Sementara datap satu dulu, nanti kita dibentuk koperasi lagi agar kelompok nelayan bisa mendapat bantuan, karena kebutuhan es batu untuk satu desa saja sudah lebih dari satu ton sehari,” pungkas Yofi.

    (sya/beritasampit.co.id)