Lomba Kebersihan Kantor Upaya Pertahankan Piala Adipura

    KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT bertekad untuk kembali meraih Piala Adipura 2017 – 2018. Maka dari itu, ia meminta kepada masyarakat Kota Kuala Kapuas agar senantiasa bergotong royong meningkatkan keindahan, kenyamanan dan kelestarian lingkungan, membersihkan halaman, serta menanam berbagai tumbuhan hias, peneduh, maupun penghasil buah dilingkungan masing-masing.

    Bahkan, Ben Brahim juga telah mengeluarkan instruksi Bupati Kapuas dengan nomor 003/37/DLH.III/X/2017 tanggal 25 Oktober 2017 ditujukan kepada seluruh Kepala SOPD dilingkungan Pemerintah Kabaupaten Kapuas. Dan kini SOPD-nya telah terlihat melaksanakan instrukasi itu dengan bekerja bakti setiap Jumat pagi oleh ASN dilingkungan kerjanya.

    Untuk itu, Dewan Pengurus dan Panitia Peringatan HUT Ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2017 mulai tahun ini secara rutin akan mengadakan Lomba Kebersihan Antar SOPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas. Hal itu seperti yang dikatakan Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Kapuas, H Suwarno Muriyat, dalam siaran persnya. 

    “Kami mulai tahun ini akan mengadakan lomba kebersihan antar SOPD,” katanya, Minggu (12/11/2017).

    Dia menyebutkan, bahwa sejak tanggal 17 – 19 November nanti Tim Penilai akan terjun langsung melakukan penilaian. Adapun yang dinilai, ada empat komponen sebagai indikator tim penilai.

    “Pertama, yakni peranserta OPD dalam penataan taman indikatornya memiliki taman, pot bunga serta ketepatan penempatan, kebersihan dan keindahannya” ucap Suwarno.

    Pria yang juga Sekretaris Dinas Kominfo Kapuas itu menambahkan, komponen penilaian kedua adalah terkait kebersihan lingkungan kantor dengan indikator kebersihan halaman dan lingkungan, ketersediaan tempat sampah terpilah (basah, kering, organik dan non organik) bak pengolah sampah/biopori/lubang serapan serta kebersihan jalan, selokan dan sarana/prasarana umum seperti wc dan lainnya.

    Komponen penilaian ketiga, lanjutnya, tersedianya papan nama kantor, tanda batas dengan lingkungan sekitar, tiang bendera dan keserasian cat pagar serta upaya kelestarian lingkungan.

    “Sedangkan komponen penilaian terakhir terkait pemanfaatan lahan kosong di areal kantor sebagai apotik hidup (Toga) dapur hidup, maupun penanaman pohon penghijauan atau peneduh,” jelasnya.

    “Semua SOPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas akan didatangi oleh Tim Penilai tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Masih ada enam hari lagi dapat dimanfaatkan oleh seluruh SOPD untuk menggerakkan karyawannya menata, melengkapi dan mempersiapkan keempat komponen penilaian sehingga mampu meraih juara” pungkas Suwarno. (ps/beritasampit.co.id)