Bupati Barut Sambut Menteri Pertaian di Desa Batu Raya, Dalam Rangka Apa ?

    MUARA TEWEH – Terkait dengan kunjungan kerja menteri pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP di ke Desa Batu Raya II Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, pada Selasa (14/11/2017) menjadi angin segar bagi sektor dunia pertanian terutama jagung.

    Dalam sambutannya Bupati Barito Utara H. Nadalsyah mengucapkan selamat datang di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah kepada Bapak Menteri Pertanian RI beserta rombongan yang langsung sidampingi oleh Gubernur Kalimantan Tengah Bapak H. Sugianto sabran, serta Unsur FKPD Provinsi Kalimantan Tengah.

    Pada acara itu juga di Bupati didampingi oleh Wakil Bupati Barito Utara Drs. Ompie Herby, unsur FKPD Kabupaten Barito Utara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Se – Kabupaten Barito Utara pengurus KTNA, dan Gapoktan/Poktan dan maayarakat setempat.

    Bupati Barito Utara H. Nadalsyah mengucap puji dan syukur kepada Allah SWT atas dukungan dari Kementerian pertanian melalui tugas pembantuan keberhasilan meningkatkan produksi komoditas JAGUNG pada tahun 2015 dan 2016.

    “Insyaa Allah tahun 2017 Barito Utara tetap berada diurutan pertama dari semua Kabupaten yg ada di Kalimantan Tengah dan menjadi penyuplai jagung terbesar ke PT. COMFEEDDI PELAIHARI serta pengolah pakan ternak skala kecil maupun menengah dengan perkiraan produksi sampai dengan oktober 2017 mencapai 41.051 ton,” terangnya.

    Namun meskipun demikian, pemerintah Kabupaten Barito Utara tetap akam menjaga keberhasilan ini bahkan terus berupaya meningkatkan produksi melalui peningkatan Indek Pertanaman (IP) dan Perluasan Areal Tanam (PAT) selain itu pada tanggal 14 maret 2017 di kota Puruk Cahu Murung Raya telah di sepakati melalui penandatanganan MOU dan Barito Utara di targetkan menjadi sentra pengembangan komoditi tanaman jagung seluas 52.400 HA sampai dengan tahun 2020.

    Selain itu dalam tahun ini di targetkan areal seluas 6.000 HA serta program mandiri atau kemitraan dgn perusahaan daerah (perusda) Batara Membangun degan sasaran 5.000 HA dan untuk mensukseskan program tersebut Bupati H. Nadalsyah pun berharap dukungan dari pemerintah pusat khususnya Kementrian Pertanian RI dan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah baik berupa alsintan khususnya alat berat (bulldozer, excavator, traktor roda 4, cultivator, mesin panen, dan alsintan lainnya) untuk mendukung kegiatan perluasan areal tanam melalui pola pengolahan lahan tanpa bakar.

    Pada acara itu juga Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyambut baik panen jagung yang berlokasi di Desa Batu Raya II Gubernur kalteng H. Sugianto Sabran juga berharap Barito Utara meningkatkan Produksi Tanaman Holtikultura (Jagung) agar menjadi Induk Produksi Jagung Se Kalteng dan Gubernur turut mengajak seluruh Bupati se Kalteng untuk memerangi kemiskinan serta focus dlm membangun infrastruktur di Kalteng.

    Terpisah Menteri Pertanian Bapak Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP mengatakan dlm arahannya beliau mendukung penuh penanaman jagung di Kabupaten Barito Utara dan beliau siap membantu beberapa Alsintan untuk Kabupaten Barito Utara dalam mengembangkan penanaman Jagung.(shp.beritasampit.co.id)