Disbudpar Kotim: Acara Mandi Sapar Berikutnya Akan Lebih Meriah

    SAMPIT – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H. Fajrurrahman menjanjikan pada penyelenggaraan mandi sapar berikutnya akan lebih meriah lagi dari tahun ini.

    “Pada tahun berikutnya mungkin akan ditambah dengan acara yang menarik, yang mana saya tadi mendapatkan informasi bahwa setiap sehabis mandi biasanya dihidangkan bubur asyura, nah, kemungkinan itulah yang akan kita tambahkan nantinya bagaimana bagusnya,” teran Fajrur sapaanya, Rabu (15/11/2017).

    Saelain itu, Fajrur juga mengatakan bahwa acara ritual madi sapar nantinya akan dihadirkan wisatawan dari luar daerah atupun manca negara sebagai bentuk memperkenalkan budaya lokal tersebut lebih luas lagi.

    “Wisatawan luar akan kita datangkan nanti untuk berkunjung dan menyaksikan mandi sapar ini,” tungkasnya.

    Pada penyelenggaraan mandi sapar tahun 2017 ini nampak manusia tumpah ruah memenuhi pelabuhan PPM Sampit dan kompleks Ikon Jelawat untuk menyaksikan orang yang bercebur ke sungai untuk melaksakanan ritual mandi sapar untuk mensucikan diri supaya terhindar dari bala bahaya. (fzl/beritasampit.co.id)