Panwaslu Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Pertisipatif

625
FOTO: Sosialisasi - SYA/BS - Panwaslu Sukamara melakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Gedung Gawi Barinjam, Sabtu (18/11/2017).

SUKAMARA – Ketua Panwaslu Kabupaten Sukamara, Irawan mengatakan bahwa pentingnya pengawasan pemilu partisipatif pilkada bupati dan wakil bupati 2018, pemilu anggota DPR, DPD, DPRD dan pilpres 2019. Karena itu pihaknya menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di Gedung Gawi Barinjam, Sabtu (18/11/2017).

“Pengawas didaerah itu sangat terbatas, karena itu kami mengharapkan masyarakat ikut melakukan pengawasan pemilu, sehingga akan lebih efektif dan efisien,” ujar Irwansyah, Sabtu (18/11/2017).

Salah satu misi Panwaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis warga sipil, pelibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu harus lebih dulu melalui proses sosialisasi. “Peserta yang sosialisasi ini kami pilih dari tokoh masyarakat, pelajar,” kata Irwansyah.

Baca Juga:   Puluhan Tiang Pancang Milik DPU Ketapang Nyasar ke Sukamara, Kok Bisa, Begini Ceritanya..?

Tantangan besar yang dihadapi Panwaslu adalah membangun kesdaran politik masyarakat. Randahnya kesadaran tersebut salah satu pemicu minimnya pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan pemilu.

“Karena itu partisipatif pengawasan merupakan tanpangan bagi Panwaslu agar dapat mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemilu,” pungkas Irwansyah.

(sya/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments