Data Gender dan Anak, Membantu Pengambil Kebijakan

    Editor: A. Uga Gara

    KUALA KURUN-Pemanfaatan data, informasi gender dan anak sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan perencanaan maupun evaluasi program pembangunan di Kabupaten Gumas.

    Demikian dikatan Bupati Gumas, Arton S. Dohong dalam sambutan tertulisnya yang di Asisten III Setda Gumas, Yahanes Tuah pada acara pembukaan publikasi hasil pendataan gender dan anak tahun 2017 di Ruang Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (21/11/2017).

    Menurut Yohanes Tuah sebagaimana mengutip sambutan tertulis bupati, data gender dan anak, menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak.

    “Data gender dan anak dapat membantu para pengambil keputusan. Antara lain, mengidentifikasi perbedaan kondisi perkembangan keadaan perempuan dan laki-laki, termasuk anak, dalam dimensi tempat dan waktu,” ucapnya.

    “Mengevaluasi dampak intervensi pembangunan terhadap perampuan dan laki-laki. Dan mengidentifikasi masalah, membangun dan memilih opsi yang paling efekitif untuk kemaslahatan perempuan dan laki-laki yang responsif terhadap masalah, kebutuhan, pengalaman perempuan dan laki-laki,” timapanya. (alf/beritasa.co.id)