Bertekat Bangun Desa, Dengan Mengembangkan Perkebunan Karet

    Editor: A. Uga Gara

    PURUK CAHU – Kelompok Tani Malau Besar, Desa Datah Kotou, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya menyelenggarakan pertemuan terkait perkembangan teknis penaman bibit karet pada kegiatan APBN-P 2017 di Desa Datah Kotou, Rabu (22/11/2017).

    Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Kepala Desa Datah Kotou, Herri Saputra mengapresiasi program yang direalisasikan di desa yang dipimpinnya tersebut. “Hal itu sangat membantu warga. Disini lain juga untuk dapat membangun desa melalui pertanian seperti penanaman karet ini,” ucap Kepala Desa.

    Dia mengharapkan gerakan partisipati masyarakat agar benar-benar bertanggungjawab atas bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian itu. “Kita patut bersyukur dari sekitar seratus desa yang ada di Murung Raya ini, desa kita terpilih sebagai pengembangan perkebunan karet”, jelasnya.

    Hantingan Djahari Udang selaku Tenaga Pendamping Petani Karet Desa dalam rilisnya mengatakan, bahwa desa tersebut mendapatkan bantuan bibit karet sebanyak 19.200 bibit untuk luasan 35 Ha yang di kelola oleh Poktan Malau Besar.

    “Perlu kita tanam dan jaga ialah solidoritas kita. Karna tanpa itu program ini tidak akan dapat berjalan dengan baik, mari kita bangun gerakan partisipatif menuju desa yang mandiri dan sejahtera”, ungkap Hantingan yang juga merupakan Plh. Ketua KNPI Kabupaten Murung Raya.

    Pertemuan di hadiri oleh Rizki, tenaga pendamping dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Murung Raya, serta Ketua BPD Desa Datah Kotou beserta perwakilan warga masyarakat. (byi/beritasampit.co.id)