Penyuluh Pertanian di Sukamara Sudah Memadai, Benarkah?

    SUKAMARA – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Irlan Khodriansyah mengatakan saat ini jumlah penyuluh untuk tingkat kabupaten telah lengkap.

    Jumalh penyuluh pertanian sudah memadai sesuai dengan jumlah desa dimana setiap desa harus terdapat satu orang penyuluh.

    “Saat ini sudah lengkap, kita banyak menggunakan warga lokal untuk diangkat menjadi penyuluh,” terang Irlan, Kamis (23/11/2017).

    Menurutnya, pengangkatan tenaga penyuluh lokal sesuai dengan wilayah domisili akan memudahkan yang bersangkutan bekerja dan melayani petani.

    “Kita ada 29 desa yang harus dilayani, dan semua kita angkat merupakan warga lokal, jadi mereka bisa bekerja diwilayah yang sudah mereka kuasai,” terangnya.

    Agar tenaga penyuluh pertanian Sukamara dapat memberdayakan petani, DKPP Sukamara juga rutin menggelar pelatihan dan pertemuan dengan para penyuluh setiap bulan.

    Hal itu untuk memberikan pengetahuan dan aturan baru terkait dengan pertanian, peternakan dan perkebunan diwilayah Sukamara.

    “Saat ini penyuluh harus bisa menguasai bidang pertanian, perkebunan dan peternakan jadi mereka terus kita ikutkan pelatihan dan pertemuan rutin kita gelar,” pungkas Irlan.

    (sya/beritasampit.co.id)