Tim Dapil III Nilai Penerimaan PAD Belum Optimal

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan dari Tim Dapil III menilai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Seruyan masih belum optimal. Hal ini diungkapkan salah seorang anggota DPRD Seruyan dari Tim Reses, Dapil III Lewis M Bangas, kepada wartawan, Kamis (23/11/2017) kemarin di gedung DPRD Seruyan.

    Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, terkait untuk bidang pendapatan dan keuangan daerah, maka timnya dari Tim Reses Dapil III banyak mendapat saran pendapat dan kritikan. Sehubungan dengan rendahnya tingkat penerimaan PAD. “Pada reses kemarin kami langsung turun ke lapangan untuk berdialog dengan masyarakat”, ujarnya.

    Berdasarkan pengamatan Tim reses secara langsung lanjutnya, dan juga berdialog di lapangan, maka pihaknya menilai bahwa Pemerintah Daerah dalam upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah masih belum optimal. “Kami berharap agar masalah penerimaan PAD ini agar bisa lebih dioptimalkan lagi,” katanya.

    Untuk itu ujar Lewis, Tim Reses Dapil III memberikan masukan dan saran, yakni ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam hal ini antara lain, melakukan sosialisasi dan pembinaan, melakukan pendataan potensi pajak dan retribusi daerah.

    Kemudian melakukan upaya jemput bola terhadap potensi PAD, juga meningkatkan intensitas dan kwalitas koordinasi horizontal maupun vertikal untuk memastikan kepastian langkah-langkah ke depan.

    Selain itu ujar anggota dewan dari Komisi C ini, juga melakukan tertib administrasi, melakukan intensifikasi melalui kegiatan operasional terpadu, melakukan peningkatan sarana dan prasarana serta juga kapasitas aparatur, serta juga melakukan penataan dan pengembangan sistem pelayanan publik. “Kami juga berharap, agar dapat dilaksanakan”, ujarnya.

    Terkait dengan beberapa hal yang disampikan tadi imbuhnya Tim Reses mengingatkan, Kabupaten Seruyan banyak sekali memiliki Sumber Daya Alam maupun sumber daya lainnya, yakni seperti 36 perusahaan besar swasta (PBS), 5 hak penguasaan hutan (HPH) Pertambangan dan lain-lainnya. Yangmana hal ini sesungguhnya perlu penanganan secara maksimal dan profesional.

    “Memang laporan hasil reses ini juga sudah kita sampaikan pada rapat paripurna sebelumnya”, ujarnya. Untuk itu pihaknya berharap kepada pihak Pemkab Seruyan melalui instansi terkait agar dapat menindaklanjuti hal ini. Sehingga, ke depannya, penerimaan sumber pendapat daerah, khususnya PAD dapat lebih meningkat lagi dan juga lebih dioptimalkan lagi.

    “Harapan masyarakat dan juga harapan kota semua, agar kedepannya penerimaan daerah khususnya PAD bisa lebih meningkat lagi,” pungkasnya.

    (its/beritasampit.co.id)