Dewan dan Pemprov Kalteng Sepakati Anggaran Multiyear 1,350 Triliun

    Editor: A. Uga Gara

    PALANGKA RAYA –Dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pemprov Kalteng bersama dengan DPRD telah menyepakati anggaran untuk program multiyear atau tahun jamak yang akan mulai dilaksanakan 2018 mendatang, sebesar Rp1,350 Triliun. 

    Ketua Komisi D DPRD Kalteng, Artaban mengatakan, dari beberapa kali pertemuan yang dilaksanakan, telah ada ksepekatan untuk program multiyear yang akan mulai dilaksanakan pada 2018 mendatang dianggarkan.

    “Untuk multiyear itu sudah ada kesepakatan sebesar Rp.1,350 Triliun. Sebelumnya diusulkan Rp. 1,2 Triliun dan ada penambahan Rp.150 Miliar. Nah kemudian sekarang kan masih dalam proses finalisasi,” kata Artaban.

    Legislator senior dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, adanya peningkatan anggaran itu juga diikuti dengan adanya peningkatan tiga ruas yang akan ditangani, diantaranya di Kabupaten Kapuas, Barito Utara dan Kabupaten Seruyan.

    “Ada penambahan ruas di daerah Kuala Kapuas, kemudian daerah Barito, di daerah Benangin, kemudian satu Seruyan, di Amin Jaya kearah Rantau Pulut, jadi semua Kabupaten merata,” terangnya.

    Lebih lanjut, Artaban menjelaskan, terkait anggaran program multiyear tersebut juga telah disampaikan dalam pemandangan umum fraksi DPRD Kalteng terharap RAPBD Kalteng 2018 dan sekarang ini kata dia, pihaknya sedang mematangkan untuk uang muka pembayarannya.

    “Karena sekarang ini kami lagi mematangkan karena uang mukanya itu harus masuk di RKA-SKPD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah 2018, besok akan dibahas, karena sebelumnya skema pembayaran itu diusulkan sistem 20:40:40, jadi kita harus menyiapkan 20 persen untuk uang mukanya,” rincinya. (nt/beritasampit.co.id)