MANTAP NIHH.!!! Bulog Akan Bangun Gudang Beras di Katingan

    Editor: A. Uga Gara

    KASONGAN – Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala, Kavupaten Katingan sejak lama dikenal sebagai lumbung padi bagi Kabupaten Katingan. Hal itu dibuktikan dengan tingginya produksi petani yang konsisten tiap tahunnya.

    Namun demikian bukan berarti tanpa kendala dalam pemasaran hasil produksi para petani tersebut. Belum adanya akses jalan darat ke luar daerah, memaksa para petani di wilayah Selatan itu menjual gabah dengan harga murah.

    Menjawab masalah petani tersebut, Bupati Katingan, Sakariyas mengatakan, permasalahan tersebut bakal segera terjawab dengan hadirnya gudang pengumpul beras yang akan dibangun oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

    “Pemerintah Kabupaten Katingan bersama Bulog rencananya akan membangun gudang beras di wilayah Selatan. Gudang itu nantinya akan menampung seluruh produksi padi petani kita di sana,” ungkapnya belum lama ini.

    Menurutnya, dalam kesempatan awal pihak Perum Bulog bersedia mendirikan gudang beras, dengan syarat pemerintah daerah sanggup menyediakan lahan beberapa hektare untuk kepentingan pembangunan.

    “Mereka (Bulog, red) siap membangunkan gudang tersebut tapi meminta pemerintah daerah yang menyiapkan lahannya. Saya rasa ini merupakan kerja sama yang sangat baik,” imbuhnya.

    Darniansyah (48) warga Mendawai Kecamatan Mendawai mengatakan, saat ini para petani di wilayahnya belum mempunyai pilihan selain menjual kepada tengkulak. Konsekuensinya, harga jual gabah menjadi lebih murah.

    “Hampir rata-rata petani kita di sana dimodali oleh tengkulak, terutama bibit dan pupuk. Tapi saat panen, para petani wajib menjual hasil padinya kepada mereka sekaligus melunasi pinjaman modal awal tersebut,” ujarnya, Selasa ( 27/11/2017)

    Bagi petani yang memiliki modal pas-pasan, tentu sangat terbantu dengan pinjaman tengkulak tersebut. Namun sebagian ada yang mengeluh, lantaran laba bersih yang didapat petani cukup sedikit.

    “Jadi petani di sana juga merasa dilema, serba salah. Kalau memang nanti akan dibangun gudang bulog, saya berharap harga jualnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Jangan seperti yang sudah-sudah,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id