Ikan Lokal Didaerah Ini Telah Dibudidayakan, Ikan Apa Ya ?

    SUKAMARA – Kepala Dinas Perikanan Sukamara, Yofi Yudistira mengatakan pihaknya telah mulai melakukan budidaya ikan lokal.

    Diketahui, iklan lokal yang ada di Sungai Jelai saat ini mulai berkurang jumlahnya. Budidaya tersebut merupakan upaya agar jumlah ikan tetap sama.

    “Kita sudah mulai melakukan pembibitan dan budidaya ikan lokal di Balai Benih Ikan Terantang di Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara,” ujar Yofi, Jumat (1/12/2017).

    Menurutnya, ikan yang saat ini dicoba untuk dibudidayakan seperti ikan kelabau dan baung yang merupakan ikan khas Sukamara.

    “Kita arahnya sekarang ini lebih ke ikan lokal, seperti ikan Kelabau dan Baung yang akan difokuskan pada 2018 mendatang,” kata Yofi.

    Agar upaya yang dilakukan Dinas Perikanan Sukamara tersebut dapat berjalan dengan baik, kajian juga dilakukan di Balai Benih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang telah mampu memijahkan ikan Kelabau yang merupakan ikan lokal Kalimantan.

    “Agar keberadaan ikan lokal tetap ada, salah satu upayanya adalah budidaya, dan kami akan fokuskan hal itu,” tukas Yofi.

    (sya/beritasampit.co.id)