Pemkab Kapuas Bakal Bangun Sejumlah Dermaga di Tahun 2018

    KUALA KAPUAS – Tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas akan membangun dermaga sebanyak 3 sampai 4 buah di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas. Pembangunan dermaga itu diantaranya bertempat di wilayah Kecamatan Kapuas Murung, dan Desa Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas I Made Sumartha, melalui Kasi Prasarana, Efryansen, Senin (11/12/2017).

    “Direncanakan untuk tahun 2018 pembangunan dermaga adalah sekitar 3 sampai 4 titik,” ujarnya.

    Menurutnya, dermaga yang dibangun nanti akan berfungsi sebagai tempat pertambatan kapal kecil, seperti kelotok dan sejenisnya. Sehingga nanti dermaga ini bisa digunakan masyarakat untuk persinggahan kapal atau transportasi air lainnya.

    “Dan tentu akan menjadi tempat turun naik penumpang maupun tempat bongkar muat hasil kebun dan pertanian masyarakat yang akan dibawa menggunakan kapal,” terangnya.

    Ia menambahkan, pada tahun 2017 pihaknya juga membangun dermaga, dan pembangunan itu sedang berjalan, yakni di Desa Palingkau, Kecamatan Kapuas Murung, dan di Desa Tamban Catur, Kecamatan Tamban Catur.

    “Untuk di Desa Palingkau yang dibangun saat ini adalah membangun kembali eks satker pos pengawasan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas yang dulu ikut terbakar pada kebakaran besar pasar Palingkau. Kemudian untuk yang di Tamban Catur adalah pembangunan dermaga baru yakni sebagai dermaga Puskesmas Tamban Catur, karena masyarakat di sana masih banyak yang menggunakan transportasi air untuk menjemput atau mengantar pasien berobat ke puskesmas,” tukasnya. (irfan/beritasampit.co.id)