Direhabilitasi 11 Tahun, 8 Ekor Orangutan Kembali Dilepas ke Hutan

    Editor: A. Uga Gara

    KUALA KURUN-Setelah direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng Yayasan BOS Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) selama kurang lebih 11 tahun, akhirnya 8 ekor Orangutan Dewasa kembali dilepas liarkan ke kawasan hutan.

    Koordinator Komunikasi dan Edukasi Nyaru Menteng Yayasan BOS, Monterado Fridman mengatakan, sebanyak 8 ekor Orangutan tersebut akan dilepas liarkan di Kawasan Hutan Lindung Bukit Batikap Murung Raya, Kalteng.

    “Hari ini, ada 4 ekor jantan yang akan dilepas liarkan, yakni bernama Sabun, Kasper, Dani dan Mas”, jelas pria yang akrap disapa Agung ini ketika dibincangi di Bandara Kuala Kurun, Rabu ( 13/12/2017) pagi.

    Sedangkan 4 ekor lainnya, lanjut Agung, akan kembali dilepas liarkan pada, Kamis (14/12/2017). “Besok yang akan dilepaskan bernama Jaki, Pitun, Bento dan Karen (betina). Delapan ekor tersebut rata-rata berusia 15 tahun dengan bobot berat rata-rata 80 kilogram,” rincinya.

    Agung menjelaskan, kenapa pelepas liarkan Orangutan tersebut melalui Bandara Kuala Kurun, karena pertimbangan kemudahan jalur transportasi pengangkutan dari Pusat Rehabilitasi menuju kawasan pelepasliaran.

    Rute pengangkutan mulai dari Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng-Bandara Kuala Kurun melalui jalan darat. Bandara Kuala Kurun Kawasan Hutan Lindung Bukit Patikap Murung Raya, menggunakan Helikopter.

    “Untuk pertamakalinya, biaya pelepasanliaran seluruhnya ditanggung oleh Pemerintah Pusat melalui KemenLHK dan KemenHub,” Agung. (alf/beritasampit.co.id)