Para Nelayan Disarankan Waspadai Angin Kencang

    KUALA PEMBUANG – Melihat kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu, yangmana terkadang panas dan terkadang turun hujan lebat yang disertai angin kencang.

    Maka, hal ini harus diwaspadai seluruh masyarakat Seruyan khususnya para nelayan yang hendak menangkap ikan di laut.

    Demikian dikatakan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, H. Syamsudin kepada wartawan, baru-baru ini di Kuala Pembuang, (17/12/2017) .

    Menurut politisi Partai Hanura ini, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini, hendaknya masyarakat selalu berhati-hati, khususnya para nelayan yang hendak melaut.

    Sehingga, harus memperhatikan sikonnya, kapan waktunya yang tepat dan cukup baik untuk pergi mnagnkap ikan ke laut.

    Tapi, apabila cuacanya tidak memungkin untuk pergi melaut, lebih baik ditunda dan diurungkan niatnya, hingga menunggu cuaca betul-betul aman.

    “Cuaca saat ini tidak menentu, dan tidak bisa ditebak, karena terkadang panas, terkadang hujan dan angin kencang. Shengga ii harus kita waspadai”, ujarnya.

    Hujan yang disertai angin kencang ini lanjutnya, dapat menyebabkan ombak di laut akan semakin besar dan ganas, sehingga membahayakan bagi kapal-kapal nelayan yang ukurannya kecil.

    Maka dari itu, apabila pada saat melaut terjadi demikian, maka hendaknya segera mencari tempat atau lokasi untuk berteduh dan menghindar dari ancaman badai tersebut. Karena, keselamatan jiwa lebih utama dibandingkan hasil tangkapan di laut.

    “Percuma saja kita mendapatkan hasil yang banyak, namun nyawa kita terancam, lebih baik kita menghindar dulu dengan mencari tempat berteduh,” imbaunya.

    Begitu juga terhadap masyarakat yang lainnya ujarnya, khususnya bagi para pengendara di jalan raya, agar hendaknya lebih berhati-hati dan selalu waspada di saat hujan lebat turun yang disertai angin kencang.

    Karena, dikhawatirkan adanya pohon-pohon yang tumbang yang disebabkan adanya angin yang kencang pada saat turun hujan tersebut. Yangmana, hal ini bisa mengancam keselamatan bagi para pengendara motor maupun pengguna jalan lainnya.

    “Para pengguna jalan pun harus berhati-hati, apabila turun hujan disertai angin kencang, lebih baik mencari tempat berteduh dan berlindung, agar terhindar dari ancaman bahaya tersebut,” katanya.

    Disamping itu imbuh anggota dewan dari Dapil I ini, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, yangmana di sekitar tempat tinggalnya terdapat pepohonan, agar juga selalu berhati-hati dan waspada.

    Karena, dikhawatirkan adanya angin kencang yang menyertai hujan lebata yang turun dapat menyumbangkan pepohonan di sekitar rumah tempat tinggalnya.

    Maka dari itu, hendaknya, pepohonan yang berada di sekitar rumah tempat tinggal, hendaknya pohon-pohon yang sudah lapuk segera ditebang, agar tidak mengenai rumah.

    “Hendaknya pepohonan yang lapuk yang berada di sekitar tempat tinggal bisa dibersihkan, agar tidak merobohi rumah dan tidak mengenai penghuninya,” tandasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)