Dewan Minta SOPD Lakukan Pengecekan Hasil Pekerjaan

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta kepada pihak Pemkab Seruyan melalui seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan proyek yang telah dilaksanakan.

    Hal ini dikatakan salah seorang anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto kepada wartawan, Kamis (21/12/2017) di Kuala Pembuang.

    Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, mengingat saat ini sudah memasuki akhir tahun anggaran 2017, maka hendaknya semua pekerjaan yang telah dikerjakan pihak rekanan, agar dilakukan pengecekan.

    Sehingga, sejauhmana hasil pekerjaan yang telah selesai atau yang belum selesai dikerjakan pihak rekanan di lapangan.

    “Pengecekan dengan turun langsung ke lapangan ini memang harus dilakukan, untuk mengetahui sejauhmana hasil pekerjaan yang telah dilakukan pihak rekanan,” katanya.

    Karena lanjut anggota dewan dari Dapil I ini, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan ini, maka pihak SKPD bersangkutan bisa menilai seberapa besar persentase hasil pekerjaan proyek yang telah dikerjakan.

    Yangmana, hal ini berkaitan dengan pencairan dana untuk pekerjaan proyek yang dilaksanakan atau dikerjakan pihak rekanan.

    “Sebelum melakukan pencairan ataupun pembayaran atas hasil pekerjaan proyek yang dikerjakan, maka pengecekan ini yang harus dilakukan pihak dinas instansi terkait. Sehingga, terhindar dari kesalahan dalam membayarkan hasil pekerjaan proyek yang dikerjakan pihak rekanan,” ujarnya.

    Selain itu lanjutnya, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan ini, juga menghindari adanya hal-hal yang dapat merugikan negara seperti halnya membayarkan seratus persen terhadap pekerjaan.

    Namun, ternyata pekerjaannya belum selesai seratus persen atau bahkan ternyata pekerjaannya tidak dilaksanakan (fiktif).

    “Pengecekan ini juga menghindari adanya pekerjaan yang dikerjakan asal-asalan atau bahkan tidak dikerjakan sama sekali,” ucapnya.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)