PLN Area Kuala Kapuas Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

    KUALA KAPUAS – PT PLN (Persero) Area Kuala Kapuas menggelar simulasi tanggap darurat penanganan kebakaran, bertempat di halaman kantor PT PLN Jalan Patih Rumbih, Kota Kuala Kapuas, Kamis (21/12/2017).

    Tampak dalam simulasi itu para peserta yang terdiri dari Satpam, Pelayanan Teknik (Yantek), dan Cleaning Service seluruh kantor dilingkup PT PLN Area Kuala Kapuas mengikutinya dengan santai, namun tetap seksama.

    Menurut Manager PLN Area Kuala Kapuas, Jamaluddin, bahwa simulasi tanggap bencana, termasuk penanganan kebakaran itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun.

    “Ini merupakan penerapan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Kita disini bagaimana supaya tanggap darurat, baik bencana, termasuk kebakaran,” ujarnya, kepada sejumlah awak media saat menyaksikan simulasi tersebut.

    Lanjutnya, kegiatan itu juga sebagai upaya untuk melihat kondisi alarm, hidran, dan lain sebagainya berkaitan dengan alat penyokong dalam memadamkan kebakaran.

    “Jadi kita kita cek apakah alarmnya berfungsi, hidrannya bekerja, termasuk kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia)-nya. Ya disini kita upgrade kembali, siapa tau mereka lupa, juga ada rotasi petugas, sehingga kita adakan simulasi ini,” terang Jamaluddin.

    Dirinya menambahkan, selain memadamkan kebakaran, pihaknya juga melakukan simulasi pertolongan pertama. Sehingga apabila ada bencana di kantornya, dan menimbulkan korban, pihaknya sudah siap untuk memberikan pertolongan. “Kita berharap semoga tidak terjadi,” ucapnya.

    Untuk diketahui, dalam simulasi tanggap bencana, PT PLN Area Kuala Kapuas bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, PMI, serta Dinas Pol PP dan Damkar Kapuas. (irfan/beritasampit.co.id)