H Hamdhani Serahkan Belasan Alsintan Kepada Poktan di Kapuas

    KUALA KAPUAS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), H Hamdhani SIP MSos, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) jenis handtraktor sebanyak 16 buah kepada 13 kelompok tani (poktan) di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas. 

    Pemberian alsintan kepada poktan itu disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Rianova, anggota DPRD Kapuas Berinto, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Anjono Bhakti, Perwakilan Kodim, dan Polres setempat, dan undangan lainnya, bertempat di halaman Kantor Dinas Pertanian (Distan) Kapuas, Jumat (22/12/2017).

    H Hamdhani mengatakan, bahwa sejak 2015 – 2017 ada sekitar 600 unit alsintan diberikan pemerintah pusat kepada petani di Kalimantan Tengah (Kalteng). Dari jumlah itu, yang paling banyak menerima petani di Kabupaten Kapuas.

    “Kenapa di Kapuas? Karena di sini luas tanam wilayahnya sangat luas sekali, dan merupakan lumbung padi Kalimantan Tengah,” terangnya.

    Politisi asal Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu mengharapkan, dengan bantuan yang diberikan ini hendaknya digunakan dengan baik, dan dimaksimalkan. Jangan nanti disimpan di rumah, dan kalau ada petani lain yang ingin meminjam, maka pinjamkanlah.

    “Sehingga keinginan pemerintah, dengan alat itu maka akan mempermudah dalam bertani, dan tentu hasilnya diharapkan lebih bagus lagi. Dengan itu, maka Kabupaten Kapuas tidak hanya swasembada saja, tetapi bisa surplus,” ungkap Hamdhani.

    Sementara itu, Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Rianova, meminta para petani yang menerima bantuan alsintan agar dapat menggunakannya dengan baik, dan penuh tanggungjawab. “Mari alat ini dijaga, dirawat, dan dipelihara, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab,” ujarnya. (irfan/beritasampit.co.id)