HIV AIDS Infeksi 96 Persen Usia Produktif Di Kotim

    SAMPIT – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelengarakan acara malam renungan HIV dan AIDS, Sabtu (23/12/2017).

    Acara yang diadakan di gedung Serba Guna Jl. HM. Arsyad tersebut dihadiri oleh perwakilan dari SMP/MTS, SMA sederajat serta tingkat universitas dan beberapa organisasi kepemudaan.

    Kepala KPA Kotim Asyikin Arpan mengatakan, dalam rangka menyambut peringatan hari HIV dan AIDS sedunia dengan tema “Saya berani saya sehat” tersebut, meminta masyarakat supaya dapat merenungkan betapa besar kasus HIV dan AIDS di Kotim.

    “Dengan mengadakan acara malam renungan HIV dan AIDS malam ini merupakan suatu hal, kita merasa simpati dan empati kepada teman-teman kita yang terinfeksi. Masyarakat masih ada stigma dan skriminasi terhadap teman-teman kita yang terinfeksi,” kata Asikin

    Ungkapnya kembali, bahwa untuk pengidap yang terinfeksi virus mematikan tersebut, tidak harus di jauhi tapi harus dirangkul, dengan mengaajaknya untuk melakulan hal-hal yang positif.
    Karena menurutnya, mereka adalah korban dari penyakit sehingga tidak harus untuk dijauhi melainkan adanya pendampingan untuk memberikan semangat untuk mereka.

    “Jadi dengan acara malam ini kita mengundang anak SMP,SMA dan Universitas serta beberapa organisasi yang kita angap rawan karena berdasarkan data, kebanyaka mereka adalah pelaku dari pada penyebaran HIV dan AIDS ini,” ujarnya.

    Sebab, lanjutnya kembali, sekitar 96 persen di wilayah Kotim, menyebarnya penyakit HIV dan AIDS terjangkit pada usia produktif yang paling terbanyak mengalami penyakit HIV dan AIDS.

    “Dengan hadirnya anak-anak SMP, SMA dan anak kuliahan dibeberapa Universitas serta organisasi kepemudaan ini, semoga saja kita mampu untuk mencegah HIV dan AIDS semampu yang kita dapat cegah,” tutupnya.
    (im/beritasampit.co.id).