TPQ Riyadus Sholihin Bagikan 120 Paket Sembako Gratis Untuk Masyarakat Desa Telangkah

    KASONGAN-Di akhir tahun, pada hari minggu 6 Rabi’ul akhir 1439 H/ 24 Desember 2017, Taman Pendidikan Quran (TPQ) Riyadus Sholihin melaksanakan kegiatan pembagian paket sembako gratis untuk masyarakat Desa Telangkah.

    “Kegiatan pembagian sembako gratis berjalan lancar, kegiatan kami laksanakan di depan halaman TPQ Riyadhus Sholihin belakang Masjid Nurul Haq,”Ustad Muhammad Rifqi, minggu (24/12/2017).

    Menurut Ustad Rifqi, paket sembako yang dibagikan terdiri dari , Beras 5kg, Minyak goreng, Gula pasir 1 kg, 1 pak teh, 1 bungkus kopi kapten, dan Mie goreng.

    “Adapun tujuan di adakannya kegiatan ini serta yang melatar belakangi antara lain, sebagai upaya membantu meringankan sebagian masyarakat kita, dan juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama, bukankah dengan saling bantu membantu, tolong menolong serta berbagi kebaikan untuk sesama merupakan sebab terjalin baiknya hubungan antara sesama,”ujar Ustad Rifqi.

    Disisi lain, lanjut Ustad Rifqi, dari ajaran agama islam, Allah subhanahu wata’ala mengutus Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagai rahmat bagi alam semesta, sehingga agama yang dibawa beliau adalah Islam Rahmatan lil’alamin, tidak ada satu kebaikanpun melainkan beliau tunjukan kepada ummatnya, dan tidak ada satu kejelekanpun melainkan telah diingatkan kepada ummatnya, dan kebaikan yang terbesar yang ditunjukan oleh beliau adalah tauhid, serta semua apa-apa yang dicintai dan di ridhoi oleh Allah subhanahu wata’ala. Sedangkan kejelekan yang paling jelek yang diingatkan adalah syirik, serta semua apa-apa yang dibenci dan di murkai oleh Allah subhanahu wata’ala.

    “Allah subhanahu wata’ala mengutus beliau kepada seluruh manusia, sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat al A’raf 158 : Katakanlah, “Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan yang hak di sembah selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kalian kepada Allah dan Rasul­nya, nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya), dan ikutilah dia supaya kalian mendapat petunjuk,”sebut Ustad Rifki.

    Dan Allah subhanahu wata’ala telah sempurnakan agama yg dibawa beliau shallallahu alaihi wasallam, hal ini sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat al Maidah : “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah Kucukupkan kepada kalian nikmat-Ku. dan telah Ku­ridai Islam itu jadi agama bagi kalian”sebut Ustad Rifki.

    Ustad Rifki menjelaskan nikmat Allah yang paling besar kepada umat ini, kare­na Allah telah menyempurnakan bagi mereka agama mereka; mereka tidak memerlukan lagi agama yang lain, tidak pula memerlukan nabi lain selain nabi mereka; semoga shalawat dan salam terlimpahkan ke­padanya. Karena itulah Allah menjadikan beliau shallallahu alaihi wasallam. sebagai nabi terakhir yang diutus-Nya untuk manusia dan jin. Tiada halal selain apa yang dihalalkannya, tiada haram kecuali apa yang diharamkannya dan tiada agama kecuali apa yang disyariatkannya. Semua yang ia beritakan adalah benar semata, tiada dusta dan tiada kebohongan padanya.

    Maka Nabi shallallahu alaihi wasallam telah menjelaskan agama ini baik dengan ucapan dan perbuatan beliau. Salah satu diantara kebaikan dalam agama islam yang di ajarkan adalah, agar berbuat kebaikan kepada seluruh mahluk, hal ini sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam : 

    Kemudian lanjut Ustad Rifqi, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika tengah berjalan di suatu jalan, seorang laki-laki mengalami kehausan yang sangat. Kemudian dia mendapati sebuah sumur lalu Dia turun ke (sumur itu) dan meminum lalu keluar (darinya). Ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah lantaran kehausan. Orang itu berkata, ‘Sungguh anjing ini telah tertimpa dahaga seperti yang telah menimpaku.’ Ia turun (lagi) ke sumur untuk memenuhi sepatu kulitnya (dengan air) kemudian memegang sepatu itu dengan mulutnya lalu memberi minum untuk anjing tersebut. Maka Allah mensyukuri perbuatannya dan memberikan ampunan kepadanya.” (Para shahabat) bertanya, “Wahai Rasullulah, apakah kita mendapat pahala (bila berbuat baik) pada binatang?” Beliau bersabda, “(Berbuat baik) kepada setiap makhluk hidup yang memiliki hati terdapat pahala.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim. (beritasampit.co.id).

    Editor : Edy R.