Berdayakan Masyarakat, Cegah Karhutala

    KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan dari Dapil II, Arbain meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten Seruyan, agar memberdayakan masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Krhutala) di wilayah Kabupaten Seruyan. Hal ini dikatakan Arbain di Kuala Pembuang, (28/12/2017)

    Menurut Arbain ini, keterlibatan masyarakat sangat penting dalam membantu pemerintah daerah dalam menangani dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Karena, dengan adanya keterlibatan masyarakat ini, maka pemerintah setempat akan lebih terbantu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

    Untuk memberdayakan masyarakat ini, maka pemerintah daerah dituntut untuk memberikan peralatan pemadam kebakaran, disamping itu juga harus memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait penanganan dan pencegahan Karhutala.

    Lanjut Arbain, dalam memberdayakan masyarakat untuk membantu pencegahan dan penanggulangan Karhutala ini, maka tidak cukup hanya dengan memberikan bantuan berupa alat pemadam kebakaran saja.

    Namun, masyarakat tersebut perlu diberikan pelatihan keterampilan dalam penanggulangan dan pencegahan Karhutala tersebut.Sehingga, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka masyarakat sudah bisa mengatasi dan mencegah serta memadamkan kebakaran tersebut, katanya

    Dengan adanya keterlibatan masyarakat tersebut akan berdampak positif terhadap masyarakat, yangmana kebun serta sawah atau ladang mereka juga akan terhindar dari musibah kebakaran. Untuk itu, pihak Pemkab setempat melalui instansi terkait diharapkan agar bisa menindaklanjuti hal ini.

    Karena, apabila upaya ini dilakukan, maka paling tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan akan berkurang, dan dampak kabut asap juga akan berkurang, ucapnya.

    Dirinya selaku wakil rakyat menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Seruyan, , agar bersama-sama dan bereran aktif dalam mencegah dan menanggulangi Karhutala ini.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)