Cegah Kemacetan Dimalam Tahun Baru, Sejumlah Arus Lalin Ditutup

    KUALA KAPUAS – Guna mengantisipasi potensi kemacetan di Kota Kuala Kapuas, khususnya di sekitaran Stadion Panunjung Tarung yang menjadi pusat kegiatan perayaan pergantian tahun baru, Satlantas Polres Kapuas lakukan penutupan sejumlah arus lalu lintas.

    “Rencana pengamanan perayaan malam pergantian tahun baru yang dipusatkan di stadion, dimana nanti ada arus lalin ditutup dan diarahkan,” kata Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar SH SIK MH, melalui Kasatlantas AKP Abdul Wakid SH, kepada beritasampit.co.id, Minggu (31/12/2017).

    Arus lalin yang ditutup, sambung, yakni jalan yang masuk ke lokasi stadion, seperti dipersimpangan Jalan Patih Rumbih (depan Bank Kalteng), kemudian dari arah Palangka Raya di Jalan Keruing – Jalan Jawa.

    “Nanti masuknya hanya satu pintu, yakni di Jalan Maluku, tepatnya depan kantor PWI Kapuas. Semua kendaraan lewat sana,” ujarnya.

    Untuk tempat parkir, kata Wakid, pihaknya sudah menyiapkannya. Diantaranya di depan Polsek Selat Jalan Maluku, depan rumah makan Pekalongan Jalan Tambun Bungai, depan rumah jabatan wakil bupati dan Ketua DPRD Kapuas. “Untuk roda empat parkirnya di depan rumah makan Pekalongan Jalan Tambun Bungai,” terangnya.

    Ditambahkan mantan Kasatlantas Polres Pulang Pisau itu, dalam arus balik, bagi kendaraan yang parkir di depan Polsek Selat diarahkan lewat Jalan Maluku ke Jalan Tambun Bungai. Kemudian, terangnya, yang parkir di depan stadion diarahkan melewati Jalan Jawa atau Jalan Keruing, selanjutnya yang parkir di depan rujab diarahkan belok kiri ke arah Jalan Tambun Bungai.

    “Dengan arus lalin yang kita tutup, dan kita arahkan, maka tidak ada pertemuan arus, semoga nanti bisa lancar,” ungkapnya.

    Lanjut Wakid, dirinya menghimbau kepada pengguna kendaraan bermotor, khususnya roda dua agar jangan menggunakannya lebih dari dua orang, atau membonceng lebih dari satu orang. “Gunakan helm, knalpot sesuai standar, dan tetap tertib berlalu lintas. Kalau melanggar, kami akan tindak. Begitu juga dengan kendaraan bermotor roda empat,” ucapnya.

    “Mari kita semua upayakan ciptakan kamtibsel lantas (keamanan, ketertiban, dan keselamatan berlalu lintas, Red). Jangan sampai diperayaan malam pergantian baru terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Wakid. (irfan/beritasampit.co.id)