Dewan Harapkan BUMDes Dioptimalkan

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mengharapkan pihak pemerintahan desa dapat mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

    Hal ini diungkapkan salah seorang anggota DPRD Seruyan Eti Suwarti dari Komisi A, kepada wartawan, Jumat kemarin.

    Karena lanjutnya, sebelumnya pihak aparatur desa khususnya kepala desa (Kades) se-Kabupaten Seruyan beberapa waktu lalu telah mengikuti kegiatan pelatihan mendirikan BUMDes dan juga Peraturan Desa (Perdes).

    Sehingga, apabila di desanya belum memiliki BUMDes, diharapkan bisa segera membentuk atau mendirikan BUMDes,. Sedangkan bagi desa yang sudah memiliki BUMDes diharapkan bisa mengoptimakannya.

    “Kita harapkan bagi desa-desa yang sudah memiliki BUMDes bisa mengoptimalkannya guna mengakomodir hasil produk unggulan yang dimiliki masing-masing desa. Sedangkan bagi yang belum mendirikan BUMDes, diharapkan agar segera mendirikan atau membentuk BUMDes nya, karena apa yang diadapat dari pelatihan itu bisa bermanfaat dalam membentuk BUMDes,” harapnya, (31/12/2017)

    Karena lanjut politisi Partai PAN ini, pihaknya selaku wakil rakyat sangat mendukung sekali terhadap BUMDes, sebab ini salah satu usaha atau upaya dari desa dalam mencari atau menambah pendapatan desanya yang sah secara hukum.

    Untuk itu, pihaknya menghendaki aar BUMDes dapat mengakomodir hasil-hasil produk unggulan dari masing-masing desa. Hal ini, agar di desa ada peningkatan nilai ekonomi terhadap jenis produk unggulan. Sehingga,dengan demikian maka masyarakat juga yang pada akhirnya akan menikmati hal tersebut.

    “Kita menginginkan agar BUMDes ini bisa membantu masyarakatnya khususnya dalam bidang peningkatan perekonomian masyarakat”, katanya.

    Sebab ujar anggota dewan dari Dapil II ini, keberadaan BUMDes ini juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah usaha atau kerja bagi masyarakat di desa masing-masing.

    Karena, dengan banyaknya usaha yang ada pada BUMDes, maka tentunya juga akan semakin banyak warga yang bisa diserap sebagai rekan kerja ataupun sebagai tenaga kerjanya. Sehingga, tentunya hal ini akan sangat membantu sekali bagi warga desa yang bersangkutan.

    “Maka dengan demikian, tentunya masyarakat akan merasa terbantu, dan usaha yang ada akan semakin berkembang dengan baik. untuk itu, kami harapkan agar pihak desa bisa mengoptimalkan BUMDes yang ada, agar desa dan masyarakat bisa lebih maju dan sejahtera,” tandasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)