Kecamatan Pulau Hanaut Gelar MTQ Dipergantian Malam Tahun Baru

    Editor: A. Uga Gara

    SAMPIT – Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ Kegiatan dibuka secara resmi, di Desa Babaung, Minggu (3/12/2017) dan berlangsung hingga, Selasa (2/1/2018) mendatang.

    Kegiatan yang dilakukan di penghujung tahun, merupakan yang pertama dan terobosan yang digagas oleh Camat Pulau Hanaut. Rencananya setiap akhir tahun untuk dijadikan kegiatan rutin masyarakatnya.

    “Kami sengaja menyelenggarakan memilih malam pergantian tahun ini dengan kegiatan MTQ, ” ujar Camat Ir. H Edyy Mashami, Minggu malam.

    Kegiatan MTQ ini juga kata Eddy sapan akrabnya, memacu warga masyarakatnya yang religius untuk lebih mencintai akan seni baca Al-qur’an sebagai pedoman serta bekal kehidupan di dunia dan akhirat.

    Lebih lanjut dia menjelaskan, tujuan dari kegiatan MTQ itu adalah memberikan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan kitab Suci Al-qur’an, meningkatkan syair dan ukhuwah Islamiah. Serta melestarikan budaya-budaya Qur’ani bagi bangsa ini, khususnya Kecamatan Pulau Hanaut.

    “Dengan ditanamkannya kegiatan keagamaan ini secara rutin setiap tahunnya setidaknya menjauhkan dari kenakalan generasi muda dari pengaruh narkoba yang merusak masa depan bangsa,” tandas Eddy Masyami.

    Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara MTQ Kecamatan Pulau Hanaut, H Syarun mengatakan, kegiatan ini merupakan seleksi MTQ Kecamatan yang di ikuti sebanyak 14 desa se Kecamatan Pulau Hanaut.

    “Adapun jumlah peserta yang turut berpartisipasi sebanyak 85 orang utusan kafilah dari kelompok usia anak-anak, remaja dan dewasa. Ada 8 cabang kegiatan lomba yang dipertandingkan, Tartil, Tilawah, Tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz, Khat ,Syaril dan Fahmil Qur’an,” terangnya.

    Ditambahkannya, bagi desa yang memiliki prestasi terbanyak akan membawa piala bergilir yang akan dilombakan setiap tahunnya.” Bagi desa yang juara umum mendapat piala bergilir dari Camat dan hadiah-hadiah lainnya,”sebutnya.

    (mar/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)