Lapas Sukamara Beroperasi

    SUKAMARA – Terhitung 1 Januari 2018 Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara dioperasikan. Lapas itu  baru menampung 20 warga binaan, lantaran bangunannya berlokasi di Dusun Terantang Desa Natai Sedawak, Sukamara.

    Kepala Lapas Kelas III Sukamara, Asmuri, mengatakan bahwa keberadaan Lapas Sukamara juga dijadikan sebagai lapas penyangga untuk mengantisifasi lapas-lapas yang overload seperti yang ada di Pangkalan Bun Kotawaringin Barat, dan juga Lapas yang berada di Sampit Kotawaringin Timur.

    “Kita dapat anggaran untuk 20 orang warga binaan, karena bangunan ini masih terbilang baru,” ujar Asmuri, Selasa (2/1/2018).

    Asmuri menjelaskan, jumlah 20 orang warga binaan yang ditempatkan di Lapas Sukamara memiliki pertimbangan, selain merupakan bangunan Lapas baru dan petugas baru maka pihaknya juga melakukan penataan terlebih dahulu dan melakukan orientasi sesuai dengan kondisi yang ada. Diantaranya dengan menempatkan warga binaan yang sudah masuk masa asimiliasi atau status  minim security.

    “Kita sementara untuk tahanan yang minim security,” ucapnya.

    Sedangkan untuk kapasitas dari Lapas Sukamara dapat menampung 100 sampai 200 warga binaan, saat ini sudah ada bangunan 1 blok dengan 10 kamar. (sya/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)