Bupati Kapuas Pimpin Upacara Peringatan HAB Ke-72

    KUALA KAPUAS – Peringati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 72, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas menggelar upacara, bertempat di halaman MTsN Selat, Rabu (3/1/2017). Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT bertindak sebagai inspektur upacara, dihadiri Wakil Bupati H Muhajirin, Ketua DPRD Algrin Gasan, unsur Forkompimda, sejumlah Kepala SOPD, dan jajaran Kemenag, serta undangan lainnya.

    Dalam sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, yang dibacakan Bupati Kapuas Ben Brahim mengatakan, Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan.

    Kementerian Agama, lanjutnya, bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

    “Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama,” kata Ben.

    Pada masa kekinian, sambung Ben, tugas itu semakin berat tantangannya, mengingat zaman yang cepat berubah. Apalagi, berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital.

    “Tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kementerian Agama,” ujarnya.

    Usai upacara itu, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan  satya lencana karya satya oleh Ben Brahim kepada sejumlah ASN di lingkup Kemenag Kapuas. (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)