Cegah Warganya Tertular Difteri, Dinkes Sukamara Siapkan Vaksin

    Editor: A. Uga Gara

    SUKAMARA – Guna mencegah warganya tertular penyakit Difteri, Dinas Kesehatan Sukamara telah menyiapkan vaksin bagi masyarakat yang ingin bepergian kedaerah berstatus KLB Difteri.

    Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Sukamara, Benson Nababan menghimbau kepada diwilayah itu, melakukan vaksin sebelum bepergian ke daerah KLB Difteri seperi Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan beberapa provinsi lainnya.

    “Kami sudah siapkan vaksin di puskesmas dan itu gratis, jadi masyarakat yang ingin ke pergi ke daerah-daerah itu bisa melakukan vaksin dulu,” kata Benson Nababan, Kamis (4/1/2018).

    Menurutnya, vaksin yang disiapkan disetiap Puskesmas, merupakan antisipasi Dinas Kesehatan Sukamara, sehingga warga yang telah mendapat imunisasi vaksin DT dan TD akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

    “Ini sebagai bentuk pencegahan yang kami lakukan, artinya jika sudah mendapat vaksin ini orang tersebut tidak langsung terserang karena daya tahan tubuhnya sudah dilindungi dengan vaksin,” jelas Benson.

    Sementara itu, di Kabupaten Sukamara telah ada satu orang warga di Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara yang dinyatakan suspek difteri dan harus menjalani sejumlah pemeriksaan. (sya/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)