Kades Tidak Perlu Bingung Menggunakan ADD Karena Ada “Buku Pintar”

    PANGKALAN BUN – Kepala Desa se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini tidak perlu bingung lagi dalam penggunaan Dana Desa (DD) sebab semua acuanya telah dituangkan dalam BUKU PINTAR.

    Selain itu Pemerintah Daerah Kobar pun membuka layanan untuk berkonsultasi bagi Kepala Desa yang menemukan hambatan dalam penerapan anggaran desa.

    Kepala Inspektorat Kobar, Suyanto mengatakan dalam penerapan penggunaan anggaran desa apakah dari ADD, DD maupun dana bagi hasil saat ini Pemkab Kobar telah melakukan pembangunan sistem.

    ” Dalam membangun sistem itu memang perlu waktu dalam penerapannya. Kamipun dalam membentuk sistem itu dilakukan pendekatan,”Kata Suyanto saat usai mendamping Wakil Bupati Kobar melakukan Sidak pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama (2/1/2018).

    Selain itu menurut Suyanto, dalam waktu setahun ada tiga kali pembekalan dan sosialalisasi bagi Kades dan Sekretaris desa tentang pembangunan sistem itu sendiri, dimana pemerintah daerah akan melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian untuk pengawasan.

    ” Dalam buku itu sudah terjabar semua bagaimana cara menyusun penggunaan anggaran desa apakah dari Dana Desa, ADD ataupun dana bagi hasil,semuanya ada dalam buku pintar itu”,terangnya.

    Lanjutnya lagi, dalam menyusun APBDes ditahun 2018 mulai menggunakan aplikasi sistem keuangan desa sehingga kerangka perencanaan keuangan desa lebih pun terpantau

    Dengan adanya sistem aplikasi tersebut, Suyanto menerangkan, jika ada laporan dari masyarakat maka bisa dilihat apakah ada kesalahan administrasi.

    Kemudian jika meamang benar, berarti itu urusan permasalahan tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemkab. Begitu pun jika ada kesalahan yang berkaitan dengan hukum maka akan ditangani oleh pihak kepolisian dan kejaksaan.

    ” melalui sistem aplikasi itu juga akan terpantau program pembangunan yang dilansanakan setiap desa, yang didanai APBD Kabupaten, Provinsi hingga dana desa, semuanya terpantau dalam satu sistem,”. Bebernya
    (Man/Beriatasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)