Polres Katingan Siap Kawal Pilkada 

    KASONGAN – ‎ Dalam rangka menjamin stabilitas Kamtibmas selama berlangsungnya Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018, Polri mengelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi, Mantap Praja Telabang 2018 yang dilaksananakan selama 190 hari, mulai dari tanggal 1 Januari – 9 Juli 2018 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Represif guna terciptanya situasi yang kondusif pada setiap tahapan inti Pilkada Katingan.

    Demikian amanat Kapolri RI Jendral Polisi Drs M Tito Karnavian melalui ‎‎Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha saat memimpin apel pasukan dalam rangka operasi Mantap Praja 2018, dengan tema Polri yang Promoter siap mengamankan Pilkada serentak 2018, dihalaman Polres setempat, Jumat (5/1/2018).

    “Saya perintahkan kepada seluruh jajaran, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan dengan sebaik-baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif. Hal itu, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018, serta menjadi masyarakat dapat mengunakan hak pilihnya dengan jenih sesuai hati nuraninya,” tegas Ivan Adityas Nugraha.

    Menurutnya, gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak ini dimaksudkan, untuk menunjukan kesiapan Polri sekaligus untuk pengecekan personel yang terlibat pengamanan, alat, serta sarana dan prasarana pendukung termasuk stake holder terkait sebelum pelaksanaan pengamanan Pilkada Kabupaten Katingan tahun 2018. Sehingga‎ diharapkan semua yang telah direncanakan dan dipersiapkan dapat berjalan sesuai yang diharapkan sebagaimana tahapan penyelenggaraan Pilkada tersebut.

     “Mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggungjawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018,” ucapnya.

    Sehubungan dengan pelaksanaan operasi kepolisian, maka dalam implementasinya, akan dilakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian dilapangan dalam bentuk satuan tugas yang melibatkan 2 sampai 3 kekuatan atau sebanyak 210.

    Kemudian, personel Polres Katingan, BKO Polda Kalteng sebanyak 87 orang dengan bantuan perkuatan 80 personel TNI, dan 732 personel Linmas untuk mengamankan sebanyak 123.284 pemilih sementara, yang akan tersebar pada 366 TPS sementara mencermati tantangan tugas dalam pengamanan Pemilu Bupati Katingan Wakil Bupati Katingan tahun 2018. (ar/beritasampit.co.id)